Manado, 9/11 (Antara) - PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk Persero Wilayah Manado mendorong karyawan selama di tempat kerja meneladani nilai-nilai kepahlawanan.

"Sebagai generasi muda, saya mengajak agar mereka mengenal dan meneladani jasa pahlawan daerah masing-masing," kata CEO BNI Wilayah Manado Eko Setiawan di Manado, Kamis.

Eko mengatakan selain pahlawan nasional yang perlu diperhatikan juga pahlawan di daerah masing-masing karena jasa mereka cukup besar bagi negara.

Menyambut Hari Pahlawan tahun 2017 ini, BNI Manado melakukan pemugaran sejumlah monumen pahlawan, memasang gambar pahlawan dan motto hidupnya di setiap kantor BNI yang tersebar di Sulut, Sulteng, Gorontalo dan Maluku Utara.

"Hal ini dilakukan, agar semakin banyak nama pahlawan dan jasa serta nilai-nilai yang ditinggalkan untuk dipahami oleh generasi saat ini," jelasnya.

Harus diakui, katanya, pelajaran sejarah para pahlawan sering dilupakan, sehingga harus terus diedukasi agar semakin dikenal geberasi muda.

Pihaknya juga mendorong semua kantor BNI di Wilayah Manado agar memasang spanduk yang berisikan kata-kata penyemangat bagi generasi muda dari AA Maramis dan Wolter Mongisidi.

"Kami juga akan berupaya terus semampunya agar AA Maramis diterima sebagai pahlawan nasional, semua berkas sudah dilengkapi dan dikirim ke pusat," katanya.

Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk bersama tim Pengkajian Penelitian Gelar Daerah (TP2GD) Calon Pahlawan Nasional Alexander Andris Maramis

Pengusulan agar AA Maramis menjadi pahlasan nasional, dirasa sangat penting, apalagi jasa-jasanya kepada negara ini cukup besar.

"Banyak yang belum mengetahui jasa-jasa dari AA Maramis terhadap negara. Untuk itu kedepannya bisa semakin diperjelas," ungkapnya.

Jasa yang dilakukan antara lain dibidang ekonomi adalah merancang uang rupiah yang dulu bernama Oeang Republik Indonesia (ORI).***2***



(T.KR-NCY/B/G004/G004) 09-11-2017 22:10:49

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024