Manado, 18/10 (Antara) - Bank Pembangunan Daerah (BPD) Banten akan menyasar pembiayaan ke sektor produktif dalam upaya mendorong pertumbuhan sektor riil di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Kami selaku salah satu perbankan yang beraktivitas di Kota Manado, ikut ambil bagian dalam menghidupkan usaha mikro kecil menengah," kata Kepala Bank Banten Cabang Manado, Sonya Tangkere di Manado, Rabu.

"Memang harus diakui perbankan akan penuh dengan kehati-hatian dalam menyalurkan kredit mikro, karena tingkat kredit macet akan lebih tinggi di sektor tersebut," jelasnya.

Namun, Bank Banten, akan tetap menyalurkan dengan pengawasan serta komunikasi yang baik dengan penerima pinjaman.

"Kami melihat potensi di Sulut cukup besar, sehingga masih perlu ditingkatkan lagi," jelasnya.

Pihaknya akan terus berupaya menjaga kualitas kredit agar tetap baik. Bank akan melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat bahwa kehadiran Bank Banten di Kota Manado untuk sama-sama mendorong sektor riil untuk lebih berkembang.

Otomatis, katanya, jika sektor riil maju, akan berdampak kepada perekonomian di Sulut.

Jika perekonomian di Sulut meningkat, maka industri perbankan juga akan menikmati hal tersebut.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulut, Gorontalo dan Maluku Utara Elyanus Pongsoda mengatakan, pihaknya akan mendorong perbankan yang beraktivitas di Sulut agar meningkatkan kredit ke sektor produktif.

"Tapi tetap prudent, karena dana yang akan disalurkan tersebut, milik masyarakat," jelasnya.***3***



(T.KR-NCY/B/G004/G004) 18-10-2017 16:30:18

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor :
Copyright © ANTARA 2024