Poigar (Antarasulut) - PT Bank Arta Graha (BAG), Rabu malam mendatangi Sekretariat Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI), di Desa Poigar, Bolaang Mongondow, mengklarifikasi sekaligus menjelaskan mengenai sistem dana kredit usaha rakyat (KUR), sesuai dengan mekanisme bank tersebut, kepada LAKI sebagai pendamping warga sebagai debitur bank tersebut serta warga sejumlah desa. 
     Kedatangan pihak PT BAG disambut baik oleh LAKI serta warga yang sudah memulai proses verifikasi di bank tersebut, karena diberikan penjelasan mengenai hal tersebut, dan Ketua LAKI Sulut, Firdaus Mokodompit, mengatakan, warga pun akhirnya memahami bagaimana prosesnya, demikian pula lembaga tersebut, sehingga bagaimana penyaluran dana dapat dimengerti dengan benar. 
     Mendengarkan penjelasan tersebut, dia  mengatakan semua pihak lega. Karena itu dia mengatakan, seharusnya sosialisasi seperti ini dilakukan kepada warga selaku calon debitur dana KUR, sehingga tidak terjadi simpang siur informasi. 
     "Kami sangat lega karena apa yang telah dijelaskan oleh pihak Artha Graha terkait dengan penyaluran dana KUR ini." katanya. 
    Sebab menurutnya, sebelumnya memang tidak ada sosialisasi, sehingga muncul kesimpangsiuran soal dana Rp25 juta yang dimaksud. Namun setelah mendengarkan penjelasan ini, lami selaku lembaga yang mendampingi bersama warga akhirnya sangat paham Karena penjelasannya sangat terang beneran, termasuk pemotongan yang dimaksud senilai 1 juta Rupiah ternyata tidak diperbolehkan. 
     Meskipun dia menyayangkan para oknum agen yang melakukan  pemotongan tersebut dan meminta agar pihak artha graha untuk memberikan sanksi serta meminta agar menyelesaikan persoalan  tersebut. 
     Firdaus berjanji akan mengawal penyaluran dana KUR ini termasuk memberikan dukungan kepada pihak BAG dengan melakukan pengawasan serta merekomendasikan para calon debitur yang pantas untuk mendapatkan Dana KUR tersebut. 
     Firdaus juga sangat berterima kasih kepada pihak BAG yang berjanji  secepatnya akan menyelesaikan  persoalan yang dihadapi oleh para debitur setelah mendengarkan penjelasan pada pertemuan yang dilakukan di Sekretariat LAKI Sulut. 
    "Kami sangat berterima kasih kepada pihak BAG yang beritikad baik dalam menyelesaikan persoalan ini dan berjanji dalam minggu ini akan terselesaikan dengan baik," ujar Firdaus. 
     Menjawab pemberitaan media terkait dengan penyaluran Dana KUR dari Artha Graha,  dia minta media untuk melakukan konfirmasi kepadanya sebagai Ketua LAKI Sulut, selaku lembaga yang mendampingi para debitu, karena menurutnya proses penyelesaian sementara dilakukan. 
     Karena itu, pihaknya meminta agar dalam hal pemberitaan supaya ada konfirmasi ke LAKI,  agar tidak terjadi kesalahan dalam menyampaikan  informasi ke Publik. *** 


Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024