Bitung, (AntaraSulut)-Dalam rangka mewujudkan kelestarian lingkungan di wilayah perairan Kota Bitung, Pertamina bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Bitung melaksanakan kegiatan transplantasi terumbu karang, yang diselenggarakan di Kelurahan Doorbolaang, Pulau Lembeh, Kota Bitung, Sulawesi Utara.

    Kegiatan ini dihadiri oleh Walikota Bitung, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bitung, Area Manager CSR & SMEPP Sulawesi PT Pertamina (Persero), Operation Head Terminal BBM Bitung PT Pertamina (Persero), serta melibatkan segenap SKPD dan TNI AL.

    Transplantasi terumbu karang di wilayah ini dilatarbelakangi oleh data Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Bitung bahwa terdapat kawasan rusak dan memerlukan rehabilitasi seluas 500m².
Kawasan ini juga merupakan kawasan wisata dengan intensitas kunjungan wisatawan yang sangat tinggi, sehingga rehabilitasi terumbu karang diperlukan untuk menjaga ekosistem di bawah laut.

    Rehabilitasi dilakukan dengan membuat media transplantasi berupa tumpukan beton yang berfungsi sebagai rumah ikan, sehingga terumbu karang kembali tumbuh di kawasan tersebut. Tidak hanya itu.
Pertamina juga akan melakukan pendampingan dengan edukasi kepada masyarakat sekitar mengenai pentingnya ekosistem terumbu karang, serta monitoring proses rehabilitasi terumbu kKepedulian Lingkungan, Pertamina arang hingga 1 tahun ke depan.

    “Kegiatan ini kami laksanakan sebagai kepedulian Pertamina terhadap masyarakat dan lingkungan di kota Bitung,” kata Area Manager CSR &SMEPP Sulawesi PT Pertamina (Persero) Tubagus Herman W.
Kehadiran Terminal BBM Bitung sebagai salah satu objek vital nasional yang mendisibusikan BBM ke wilayah Sulawesi Utara. Dengan program transplantasi terumbu karang, kami targetkan 75% terumbu karang yang ditanam bisa tumbuh dengan baik, dan memulihkan ekosistem laut di wilayah Kota Bitung.

Pewarta : Marlita Korua
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024