Minahasa Tenggara, 31/8 (Antara) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara meluncurkan maskot khusus untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018.
"Maskot Pilkada tersebut bertemakan unsur budaya dan kekhasan alam Minahasa Tenggara," kata Komisioner KPU Bidang Divisi Sosialisasi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Fanny Wurangian di Ratahan, Kamis.
Maskotnya, kata Fanny bergambarkan pemilih memegang surat suara, berkepala buah salah yang merupakan buah khas dari Minahasa Tenggara, dengan pakaian kotak suara bermotif kain Bentenan sebagai kain tradisional serta jari kelingking tangan kanan dicelupkan tinta.
Selain itu, kata Fanny maskot tersebut melambangkan persatuan dari tiga sub etnis besar yang ada di Minahasa Tenggara, yakni Tonsawang, Pasan, dan Ponosakan.
"Selain itu mengenakan tiga kain yang disimpulkan menjadi satu srbagai simbol dari persatuan masyarakat yang berasal dari tiga sub etnis," ujarnya.
Ketiga kain tersebut tertulis tanggal bulan dan tahun penyelenggaraan Pilkada yakni 28-06-2018.
Ketua KPU Provinsi Sulawesi Utara Yessy Momongan memberikan apresiasi terhadap kerja KPU Minahasa Tenggara.
"Kami sangat mengapresiasi dengan kerja KPU daerah sejauh ini. Bahkan Minahasa Tenggara merupakan daerah yang ping siap melaksanakan Pilkada mendatang," ujarnya.
Pada peluncuran maskot tersebut turut hadir Bupati James Sumendap, Kapolres Minahasa Selatan AKBP Arya Perdana, Kajari Minahasa Selatan Lambok Sidabutar, serta para warga masyarakat.***2***
(T.KR-AIK/B/G004/G004) 31-08-2017 20:54:01

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024