Bitung, (AntaraSulut) - Pemerintah Kota Bitung menggelar Upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-72 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia,  di Lapangan Dua Sudara kota Bitung, Kamis 17/8.

    Wali kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban SE, MSi menjadi inspektur upacara (Irup) pada detik-detik Proklamasi, sementara teks Proklamasi dibacakan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD Kota Bitung Laurensius Supit.

    Pelaksanaan upacara tersebut berlangsung lancar dan penuh hikmah,
khususnya pada pengibaran bendera merah putih oleh pasukan pengibar
bendera pusaka kota Bitung.

    Lomban mengatakan, Tema Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan 
Republik Indonesia tahun ini adalah “72 Tahun Indonesia Kerja
Bersama”. Tema yang membuka pikiran dan menyadarkan kita semua bahwa
kemerdekaan, kemajuan dan keberhasilan tidak bisa diraih secara
instan.

    "Hanya dengan kerja bersama atau gotong royong, berbagai persoalan
dapat dipecahkan. Hanya dengan kerja bersama, cita-cita bisa
direalisasikan. Sejarah juga telah membuktikan bahwa kemerdekaan yang
kita raih bukan merupakan hasil kerja parsial, melainkan hasil kerja
bersama dan kerja keras seluruh bangsa Indonesia," tegas Lomban.

    Wali Kota Lomban mengatakan, semangat kerja bersama dari seluruh elemen pemerintah danmasyarakat yang membawa Kota Bitung memperlihatkan kemajuan demikemajuan positif serta meraih prestasi-prestasi yang membanggakan. Sepanjang kita mau berkorban untuk Indonesia dan khususnya Kota Bitung, tentu asa dan cita-cita terwujudnya "Bitung Hebat" akan dapat kita realisasikan.

    Seperti diketahui pelaksanaan peringatan HUT RI ke-72 Pemerintah kotaBitung agak berbeda kali ini, dimana pada tahun -tahun sebelumnya kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Upacara Kantor Walikota Bitung,untuk tahun2017 pelaksanaannya dipindahkan ke Lapangan Duasudara kota Bitung.

    Turut hadir Wakil Wali kota Bitung Ir Maurits Mantiri, Sekretaris Daerah Drs Audy Pangemanan AP MSi, Ketua TP PKK Kota Bitung Dra Khouni Lomban Rawung, Wakil Ketua TP PKK Rita Mantiri Tangkudung, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Bitung Rini Pangemanan Tinangon, unsur Forkopimda, pimpinan dan anggota DPRD Kota Bitung, para pejabat lingkup pemkot Bitung serta para tamu undangan lainnya.

    Bitung kembali menggebrak, dengan mencanangkan pelaksanaan Upacara Bendera 17 Agustus di lokasi yang berbeda yakni di Lapangan Duasudara yang mendapatkan berbagai tanggapan positif dari seluruh warga Kota Bitung.

    Gebrakan yang disambut dengan keramahtamahan pemimpin Kota Bitung Wali Kota Bitung dan wakil wali Kota Bitung bersama Ketrua TP-PKKK dan Wakil Ketua TP-PKK yang sangat merakyat dan langsung menyapa masyarakat, memberikan suasana sejuk bagi mwarga Bitung.

    Banyak masyrakat Kota Bitung yang menyaksikan upacara bendera pada kali iuni sangat berbeda, karena pertama kali dilaksanakan di lapangan Duasudara yang menjadi perhatian masyrakat.

    "Kami bangga menjadi warga Kota Bitung apalagi pelaksanaan ini berbeda dengan sebelumnya dan pelaksanaannya berlangsung lancar dan penuh hikmah," kata Novi Tumangken, salah seorang staf perusahaan swasta di Kota Bitung.***Advetorial***

    

Pewarta : Marlita Korua
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024