Bitung, (AntaraSulut)- Wali kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban SE, MSdidampingi Ketua TP PKK Kota Bitung Dra Khouni Lomban Rawung MSi menghadiri pembukaan peringatanHari Pramuka ke-56 dan pembukaan RAIMUNA Nasional XI tahun 2017 di lapanganutama Bumi Perkemahan Wiladati Cibubur, Jakarta Timur.

    Peringatan Hari Pramuka ke-56 dan Pembukaan Raimuna Nasional XI tahun 2017dihadiri dan dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo

    Lomban mengutip ungkapan  Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault  pertemuan tersebut merupakan pertemuan generasi milenial
dan generasi Z terlengkap.

    "Mereka datang ke Jakarta dengan penuh perjuangan, bahkan ada yang naikkapal laut selama lima-enam hari. Yang mengharukan mereka mengirimkanfoto-foto mereka selama di kapal laut lewat handphone tergambar kegembiraandi foto-foto tersebut, tergambar kerinduan untuk segera bertemu denganteman-teman sebangsa se-Tanah Air di Bumi Perkemahan ini,” kata Lomban.

    Ia mengatakan beberapa program nyata dalam acara itu dilakukan agar gerakanPramuka mempersiapkan anggotanya dalam menghadapi tantangan global yangterus berubah.

    Raimuna Nasional XI Gerakan Pramuka itu diikuti oleh 15.000 Pramuka usia16-25 tahun dari 34 provinsi dan 514 kota dan kabupaten dari seluruhIndonesia dan beberapa perwakilan dari negara sahabat.

    Lomban mengungkapkan, Presiden RI Joko Widodo meminta Gerakan Pramuka harus selaluproduktif dalam berkarya, harus inovatif, harus kreatif, harus selalumenjadi yang terdepan dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI), dan menjadi garda terdepan perubahan di negeri kita yang kitacintai ini.

    “Karena ingat Pramuka itu adalah Praja Muda Karana, yang artinya jiwa mudayang suka berkarya,” kata Lomban mengutip ungkapan Presiden. .

    Wali kota Bitung mengatakan, bahwa generasi Pramukasekarang ini adalah generasi millenial, generasi, yang cara berfikirnya
sangat berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya. Sebagai generasi
yang adaptif dengan kemajuan teknologi, generasi yang sangat kreatif,
generasi yang sangat inovatif.

    Untuk itu, Gerakan Pramuka harus melakukan terobosan. Jangan berpikirlinier, jangan terjebak dengan cara-cara rutinitas dan monoton. “Kita harus mendidik adik-adik Pramuka bukan saja latihan baris-berbaris, caramembangun tenda, atau membuat simpul tali saja. Tapi juga harus memanduadik-adik Pramuka dalam disiplin menggunakan media sosial yang positif dan yang produktif,”kata Lomban.

    Lomban mengharapkan, berharap kepada adik adik yang mengikuti kegiatan Raimuna saat iniagar bisa menjaga kesahatan masing masing.

    Acara Peringatan Hari Pramuka ke-56 dan Pembukaan RAIMUNA Nasional XI Tahun2017 itu juga dihadiri oleh Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri,Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung,Menkominfo Rudiantara, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, anggota DPR RI, dan pimpinan lembaga negara.

Pewarta : Marlita Korua
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024