Bitung- (AntaraSulut) – Wali kota Bitung Maximilian J Lomban SE, MSi  menerima kunjungan kerja Kementrian Badan Usaha Milik Negara RI di bawah pimpinan Bitung Menteri BUMN Rini Soemarno.

    Kunjungan Menteri BUMN, diawali dengan mendatangi langsung PT Pelabuhan Indonesia IV Bitung, untuk melihat aktivitas serta perkembangan pembangunan pelabuhan Bitung dimana Pelabuhan Bitung International Hub Port dan Daerah Pendukung Kepelabuhanan yang berkapasitas 3 juta TEus masuk dalam Grand Design International Hub Port (IHP) dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) 2035, yaitu Badan Usaha Milik Negara RI di bawah pimpinan Bitung Menteri BUMN Rini Soemarno.

    Selain itu, Lomban bersama Menteri BUMN juga meninjau lokasi sekitar Pelabuhan Bitung serta rencana pembangunan berkelanjutan pelabuhan petikemas Bitung menggunakan kapal Ferry.

    "Kunjungan Menteri kali ini adalah untuk melihat perkembangan Pelabuhan Bitung, dimana Pelauhan Bitung masuk dalam rencana investasi proyek-proyek yang ada di lingkungan PT Pelindo IV, bersama beberapa daerah lain, seperti  Kendari, Tarakan, Ambon, Ternate, Merauke, Manokwari, Jayapura dan Sorong." jelas Lomban.

    Lomban mengatakan, untuk pengembangan Pelabuhan Bitung, dalam rangka menuju IHP serta untuk mendukung KEK, di Pelabuhan Bitung akan dilakukan pembangunan fasilitas lapangan penumpukan seluas 5 hektare dan penambahan panjang dermaga 131 meter dan lebar 35 meter.

    Usai melakukan pemantauan Rombongan Menteri BUMN di jamu makan siang oleh Wali Kota Bitung didampingi Ketua TP-PKK Kota Bitung Dra Khouni Lomban Rawung Msi menerima kunjungan di  Rumah Dinas Walikota Bitung, dan dilanjutkan dengan penyerahan cendera mata, Buku, serta foto bersama turut disaksikan asisten 1 Setda Kota Bitung Oktavianus Tumundo, Kabag Humas Pemkot Bitung Pingkan Kapoh serta beberapa pejabat lainnya.

 


Pewarta : Marlita Korua
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024