Tondano (AntaraSulut) - Bupati Minahasa melepasan kontingen Gerakan Pramuka Kwarcab Minahasa yang akan mengikuti Raimuna Nasional ke XI di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta sejak 13 Agustus-21 Agustus 2017 di ruang sidang kantor bupati Minahasa, Kamis (10/8).

Pembacaan laporan oleh Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Minahasa Dr Olga Sajow-Singkoh.
Dikatakan Olga, gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik.

"Raimuna adalah kegiatan bagi pramuka penegak Perpanitra, Peransaka dan Perkemahan Wirakarya sehingga Raimuna merupakan kegiatan pertemuan besar pramuka penegak pandega (usia 16-25 tahun) dengan berbagai aktivitas yang bersifat kreatif, inovatif, produktif, edukatif, rekreatif dalam bentuk perkemahan," sebutnya.

Kali ini Raimuna mengusung tema: Pramuka untuk masa depan Indonesia, Slogan: KIBAR (Kreatif, Inovatif, Berkarakter), Motto: "Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan".

Bupati Minahasa Jantje W Sajow mengatakan, dalam rangka HUT pramuka ke-56 maka kontingen Pramuka Minahasa diikutsertakan dalam kegiatan Raimuna nasional ke XI, kegiatan ini pun diikuti Pramuka penegak/pandega dari seluruh Indonesia dan utusan scout negara sahabat Asia Pasifik.

Ia menjelaskan, pemuda dan gerakan Pramuka merupakan jalinan sejarah yang membawa perubahan bagi perkembangan masyarakat Indonesia termasuk kita di Kabupaten Minahasa.

"Gerakan Pramuka telah memberikan banyak bakti bagi negeri ini," sampainya.

Ia berharap peserta mengikuti materi dan kegiatan dengan baik karena sangat berguna untuk dipelajari dan diambil nilai manfaatnya, terus menjaga kesehatan selama mengikuti kegiatan Raimuna dan mematuhi seluruh petunjuk dan arahan yang diberikan, terus jaga dan memelihara nama baik daerah Minahasa termasuk nama baik Kwarcab Minahasa dengan memperkenalkan potensi SDA, pariwisata maupun budaya. Selanjutnya bupati secara resmi melepas keberangkatan kontingen gerakan pramuka Kwartir Cabang Minahasa.

Kegiatan ini turut dihadiri Bupati Jantje Sajow, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Minahasa DR Olga Sajow-Singkoh, Asisten Ekonomi dan Pembangunan DR Wilford Siagian, Asisten Administrasi Umum Hetty Rumagit, Plt Kepala Dinas Pendidikan Arody Tangkere,Wakil Sekretaris Michael Rumate, Kakak-kakak pimpinan dan pengurus Kwartir Cabang Minahasa, para peserta, orangtua dan undangan.

Pewarta : Martsindy Rasuh
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024