Manado, (AntaraSulut) - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengharapkan status Bea Cukai Manado ditingkatkan menjadi Kantor Wilayah Sulawesi Bagian Utara.

"Hal ini berkaitan erat dengan arus kunjungan wisatawan yang menjadikan daerah ini sebagai salah satu destinasi wisata," kata Gubernur Olly sebagaimana dikutip Kepala Bagian Humas Roy Saroinsong di Manado, Kamis.

Saroinsong mengatakan, pengusulan status tersebut sudah ditindaklanjuti Gubernur Olly dengan bertemu langsung Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi baru-baru ini.

"Hal ini ada kaitannya dengan langkah antisipasi aktivitas bea dan cukai baik di bandar udara ataupun pelabuhan samudera," katanya.

Arus kunjungan wisatawan mancanegara yang datang dari Tiongkok terus meningkat bahkan telah menyentuh angka 47 ribu lebih sejak Juli tahun lalu, belum termasuk wisatawan dari belahan dunia lainnya.

Masuknya wisatawan ataupun barang, lanjut dia, harus dikontrol dan peran institusi bea cukai menjadi penting dan strategis untuk melakukan hal itu.

"Jadi masih akan dikaji bersama terkait terkait tata kelola Kantor Bea dan Cukai Manado," ujarnya.

Pengaturan secara administrasi dan teknis arus keluar masuk orang dan barang dari Indonesia ke luar negeri ataupun sebaliknya nantinya akan memberikan kontribusi pada penerimaan negara melalui cukai pajak bea masuk, katanya optimistis. ***2***







(T.K011/B/S023/S023) 27-07-2017 21:54:59

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024