Manado, 19/7 (Antara) - Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) mampu meningkatkan penghimpunan dana di PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulawesi Utara Gorontalo (SulutGo) hingga semester pertama tahun 2017.

"Sejak Tabungan Simpel diluncurkan, saat ini sudah sebanyak 27 ribu account," kata Direktur Utama Bank SulutGo Jeffry Dendeng di Manado, Rabu.

Jeffry mengatakan pertumbuhan Tabungan Simpel cukup tinggi, walaupun secara nominal tidak terlalu banyak, namun sumbangannya ke Dana Pihak ketiga (DPK) berdampak.

Sehingga, DPK Bank SulutGo tumbuh signifikan khususnya pada dana murah atau Current account savings account (CASA).

Jeffry mengatakan pada Juni 2017 DPK Bank Sulutgo mencapai Rp11,40 triliun atau naik dari Rp10,89 triliun di Juni 2016.

"Dari keseluruhan penghimpunan dana masyarakat tersebut, jenis tabungan yang tumbuh paling besar yakni 10,02 persen," kata Jeffry.

Dia mengatakan khusus tabungan mencapai Rp1,62 triliun atau naik 10,02 persen dari posisi yang sama tahun lalu hanya Rp1,47 triliun.

Kemudian, jenis giro tumbuh 2,64 persen dari Rp2,72 triliun pada Juni 2016 menjadi Rp2,79 triliun.

Dan, katanya, jenis deposito kendati nominal masih lebih tinggi, namun peningkatannya hanya 4,42 persen dari Rp6,68 triliun menjadi Rp6,98 triliun.

"Memang untuk produk Simpel, kita tidak mengejar nominalnya, namun bagaimana mengedukasi kepada pelajar agar gemar menabung sejak masih usia dini," jelasnya.

Karena tabungan ini khusus bagi pelajar atau siswa dari tingkat PAUD sampai dengan SMA, maka pihaknya menjemput bola ke sekolah-sekolah.

Dengan kemudahan setoran awal yang murah dan setoran selanjutnya yang ringan, Simpel dikemas untuk memberikan edukasi dan inklusi keuangan untuk mendorong budaya menabung sejak dini.

Simpel dilengkapi dengan layanan e-delivery channel yang memudahkan siswa untuk melakukan transaksi.

Dia menjelaskan Simpel merupakan tabungan untuk siswa yang diterbitkan secara nasional oleh bank-bank di Indonesia, dengan persyaratan mudah dan sederhana, dilengkapi dengan fitur yang menarik, guna mendorong budaya menabung sejak dini. ***3***
(T.KR-NCY/B/B012/B012) 19-07-2017 12:01:34

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024