Minahasa Tenggara, 18/7 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara mengutus Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk mengikuti kompetisi inovasi pelayanan publik tingkat provinsi Sulawesi Utara yang akan dilaksanakan di salah satu pusat perbelanjaan di Manado, Rabu (19/7).
"Kami mewakili Pemkab Minahasa Tenggara untuk berpartisipasi pada ajang ini, dengan menampilkan inovasi pelayanan dari Disdukcapil," kata Kepala Disdukcapil Minahasa Tenggara David Lalandos di Ratahan, Selasa.
Menurut David, inovasi pelayanan publik yang akan ditampilkan pihak-pihak yakni garda administrasi kependudukan (Adminduk) yang telah terintegritas.
"Ini merupakan program yang telah dimodifikasi dalam rangka melayani kebutuhan masyarakat terkait dengan administrasi kependudukan," katanya.
David menjelaskan, program pelayanan tersebut didasari karena masih kurangnya kesadaran dari masyarakat dalam melaksanakan pengurusan dokumen kependudukan.
"Program ini kami maksimalkan atas dasar minimnya kesadaran masyarakat mengurus dokumen kependudukan. Sehingga kami membuat program ini terintegrasi dengan beberapa pelayanan publik lainnya," jelasnya.
David mencontohkan, program yang terintegrasi tersebut seperti dalam pelayanan pendidikan dan kesehatan.
"Contohnya saat anak baru lahir, kami bisa langsung menerbitkan akte kelahirannya sekaligus dengan Kartu Identitas Anak (KIA), bahkan bisa dengan pembuatan perubahan kartu keluarga. Untuk pendidikan kami siapkan KIA dan akte kelahiran," jelasnya.
Selain itu sejumlah pelayanan administrasi kependudukan dan penca Sipil yang lebih mudah diakses oleh masyarakat.***2***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024