Minahasa Tenggara, 18/7 (Antara) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Minahasa Tenggara pencanangan program cetak sawah baru tahun 2017, kerjasama dengan Korem 131 Santiago yang dilaksanakan di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur, Selasa.
Bupati James Sumendap dalam penyampaian mengatakan, Pemkab Minahasa Tenggara serius mendukung program cetak sawah baru tersebut dalam rangka menunjang program pemerintah pusat yakni swasembada pangan.

"Dengan program ini, menjadi bagian dari usaha bersama mencapai target swasembada pangan secara nasional," kata James.

Selain itu kata James dengan adanya program tersebut, dapat merangsang para petani untuk memanfaatkan lahan persawahan.

"Ia pun berharap dengan keterlibatan dari TNI Angkatan Darat, khusus Korem 131 para petani akan lebih termotivasi untuk memproduksi beras yang merupakan komoditi penting dalam menjaga ketahanan pangan," ujarnya

Sementara itu Komandan Korem 131 Santiago Brigjen TNI Sabar Simanjuntak mengungkapkan, keterlibatan TNI dalam cetak sawah baru ini, untuk mengawal dan mendampingi suksesnya program tersebut.

"Kami sepenuhnya dari TNI ingin agar pelaksanaan program tersebut sukses, sehingga juga ada percepatan dalam cetak sawah baru ini," katanya.

Selain itu kata Sabar, dengan program Nawacita dari Presiden pihaknya akan mengawal implementasinya termasuk dalam pembangunan sektor pertanian.

"Untuk kami berharap pelaksanaan program ini dapat segera diselesaikan. Sehingga ke depan buka hanya 100 hektare sawah tapi bisa sampai 300 hektare," katanya.

Sementara itu dalam mebdu program pertanian di Minahasa Tenggara, menurut Kepala Dinas Pertanian Elly Sangian, pihaknya memberikan bantuan kepada para petani seperti alat sistem pertanian, bibit, dan bantuan lainnya.

"Kami juga menyiapkan infrastruktur yang memadai dan membantu peningkatan produksi hasil pertanian dari petani," tandasnya.***3***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024