Bitung, (AntaraSulut) - Sekretaris daerah kota Bitung Drs. Audi Pangemanan AP MSi bersama seluruh Sekretaris daerah, Asisten Pemerintahan dan Kesra,  dan Bagian Permerintahan se-Sulawesi Utara mengikuti Rapat Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Urusan Pemerintah Pusat (PUPP)  yang dibuka oleh Asisten 1 Urusan Pemerintah dan Kesra prov.  Sulut Drs. John Palandung.

     Menurut Pangemanan,  peran dan fungsi Pemerintah Daerah menjadi sangat penting dan sentral dalam kancah dinamis dan stabil roda pemerintahan dan pembangunan nasional. Sehingga yang kemudian harus senantiasa dikedepankan dan diefektifkan adalah pelaksanaan koordinasi,  sinkronisasi,  pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan urusan pemerintahan serta peningkatan kapasitas kerja atau kinerja birokrasi dalam pemberian pelayanan kepada Masyarakat. 

   Pangemanan mengatakan, rapat Pembinaan dan Pengawasan  Penyelenggaraan Urusan Pemerintah Pusat adalah penting untuk diikuti,  karena pada rapat ini kita dapat membagikan permasalahan-permasalahan yang terjadi di daerah/kota,  dan menyelesaikannya secara bersama. 

    Ia menjelaskan, dalam rangka meningkatkan kinerja birokrasi di prov.  Sulawesi Utara ada beberapa hal penting untuk di bahas yaitu: Mendukung arah kebijakan pembangunan agenda prioritas (Nawacita), memfasilitasi penyelesaian perselisihan batas daerah, percepatan pelayanan publik,  pembinaan ketentraman dan ketertiban umum,  menjaga sinergitas hubungan antar pemerintah pusat dan pemerintah daerah,  penanganan kawasan khusus perkotaan, pertanahan dan batas negara dan daerah, peningkatan kualitas dan kinerja kebijakan pembinan dan pengawasan pemerintah di daerah,  serta melakukan evaluasi pelayanan publik. 

    "Rapat Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Urusan Pemerintah Pusat ini adalah ajang pemersatu dimana semua pejabat terkait berkumpul menselaraskan langkah dan upaya dalam menggalang persatuan dan kesatuan guna mendorong percepatan pembangunan di daerah masing-masing serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara luas dan menyeluruh. Harapannya agar rapat ini dapat berjalan dengan segala baik, materi yang diberikan oleh pembicara adalah angin segar yang dapat menjadi pembaharuan bagi kita pimpinan daerah/kota" terang Pangemanan

     Pembicara pada Rapat Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Urusan Pemerintah Pusat adalah S. Haloman Pakpahan, Dr. Drs. Rizari MBA MSi dan Direktorat Dekonsentrasi,  Tugas Pembantuan dan kerjasama, Ditjen  Bina Administrasi dan kewilayahan bersama tim. 

 

 


Pewarta : Marlita Korua
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024