Manado, 21/6 (Antara) - Batalyon Infanteri Raider 712 Wiratama menggelar simulasi penanggulangan teroris dan pembebasan sandera, di Manado, Sulawesi Utara, Rabu.

Dalam simulasi tersebut menceritakan kelompok separatis bersenjata melakukan penyanderaan terhadap wali kota.

Kemudian pasukan Yonif Raider 712 Wiratama mendapat perintah Danrem 131/Santiago untuk membebaskan sandera.

Dengan gerak cepat Yonif Raider melakukan "Operasi Mobile Udara" penanggulangan teroris untuk melakukan pembebebasan sandera.

Pada pelaksanaan pembebasan tersebut terjadi aksi baku tembak, dan Yonif Raider 712 berhasil melumpuhkan kelompok bersenjata serta membebaskan sandera.

Pada aksi simulasi tersebut melibatkan sejumlah personel serta helikopter jenis MI-17, dua mobil rantis serta enam sepeda motor dan dilengkapi dengan senjata,

Simulasi yang dilaksanakan di halaman Makodam XIII Merdeka, disaksikan Pangdam XIII Mayjen TNI Ganip Warsito, Kasdam Brigjen TNI Santos, dan sejumlah pejabat utama Kodam.

Pangdam Ganip Warsito mengatakan latihan simulasi tersebut dalam upaya meningkatkan kemampuan dari personel dalam mengantisipasi berbagai gangguan keamanan.

Latihan itu secara periodik dilakukan, sehingga sewaktu- waktu dibutuhkan, para personel itu telah terampil dan siap melaksanakn tugas-tugasnya. ***2***



(T.J009/B/B015/B015) 21-06-2017 20:25:31

Pewarta : Jorie M R Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024