Manado,  (AntaraSulut) - Pemerintah Tiongkok memperkuat kerja sama di bidang pariwisata usai menerima Caunsellor Kepala Delegasi Kementerian Luar Negeri China Mr Yang Shu, kata Wakil Gubernur Steven Kandouw, Rabu.

"Tujuan delegasi Tiongkok datang ke Sulawesi Utara adalah untuk melihat langsung potensi wisata, kondisi keamanan serta peluang kerja sama meningkatkan kunjungan wisatawan di masa akan mendatang serta kerja sama bilateral lainnya," kata Wagub Steven di Manado .

Pemerintah daerah, kata Wagub, memberikan apresiasi kepada pemerintah Tiongkok atas kunjungan wisatawannya memilih provinsi di ujung Sulawesi menjadi salah satu destinasi wisata.

"Kami berharap kerja sama di bidang pariwisata akan lebih baik lagi ke depan," katanya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu meyakinkan pemerintah Tiongkok tidak perlu takut atau khawatir manakala wisatawannya berkunjung ke Sulawesi Utara.

Pemerintah daerah memberikan jaminan keamanan bagi semua wisatawan yang sementara berlibur di daerah ini, katanya.

Sejak bulan Juli 2016, pemerintah daerah telah bekerja sama dengan kepolisian dan bea cukai untuk memberikan pelayanan secara profesional kepada seluruh wisatawan termasuk di dalamnya yang berasal dari Tiongkok.

"Pemerintah provinsi telah membantu Polda Sulawesi Utara mengikutseratakan sebanyak 100 personelnya mengikuti kursus bahasa mandarin untuk memudahkan komunikasi dengan wisatawan Tiongkok," ujarnya.

Selain keamanan, lanjut Wagub Steven, pemerintah daerah terus membenahi infrastruktur destinasi pariwisata sehingga nyaman dikunjungi.

"Di daerah pantai atau pun pegunungan akan dibangun pos klinik kesehatan, bahkan di rumah sakit tenaga medis akan diberikan kursus agar mampu berkomunikasi. Hal serupa juga akan dilakukan untuk hotel dan restoran," katanya.

Ketua DPRD Sulawesi Utara periode 2014-2015 itu optimistis majunya sektor pariwisata akan memberikan dampak ganda bagi semua pelaku usaha termasuk masyarakat.

Wisatawan Tiongkok yang berasal dari tujuh kota yakni Shenzen, Shanghai, Wuhan, Guangzhao, Macau, Chongqing, dan Changsha menjadikan Sulawesi Utara sebagai salah satu destinasi wisata usai dibukanya penerbangan langsung ke Manado.***1***






Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024