Manado, (AntaraSulut) - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengatakan Pemerintah Provinsi Guizhou, Tiongkok, tertarik menanamkan investasi bidang pariwisata dan infrastruktur di provinsi ini.

"Ini hal yang baik. Namun kita juga harus mengantisipasi agar investasi ini sama-sama menguntungkan," katanya di Manado, Rabu.

Sebelum investasi itu benar-benar dilakukan, lanjutnya, perlu diberikan penguatan terhadap pengusaha daerah dan badan usaha milik negara.

"Mereka akan menanamkan investasi bidang pariwisata dan infrastruktur. Ini cocok, karena potensi Sulawesi Utara mendukung hal itu," ujarnya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu mengatakan, rencana investasi itu terungkap manakala Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani menerima kunjungan Gubernur Provinsi Guizhou, Tiongkok, Sun Zhigang bersama tim pada Senin (19/6) siang.

Pada pertemuan itu, kata Olly, Menko Puan menawarkan kerja sama pengembangan pembangunan Sulawesi Utara kepada Gubernur Sun Zhigang.

Apabila memungkinkan, Provinsi Guizhou dapat menjadi "sister city" kerja sama di sektor pariwisata, perdagangan dan perikanan.

"Provinsi Sulawesi Utara saat ini sedang mencari mitra kerja sama pariwisata, perikanan, dan pendidikan. Diharapkan Gubernur Sun Zhigang dapat mengunjungi Sulawesi Utara secara langsung untuk melihat potensi yang dimiliki," kata Menko Puan seperti dikutip Gubernur Olly.

Sebelumnya, Menko PMK pernah melakukan kunjungan kerja ke provinsi itu dan menyampaikan pidato pada iven tahunannya. Menteri sempat melakukan pertemuan dengan "Party Secretary of CPC Guizhou Provincial Committee" Mr Chen Min�er.

Pertemuan itu membahas potensi kerja sama pendidikan dan pariwisata Provinsi Guizhou dengan Indonesia.

Beberapa lokasi yang dikunjungi Menteri adalah kawasan pendidikan kejuruan di Kota Qingzhen, "Guizhou Big Data Exhibition Center", dan air terjun Huangguoshu.

"Bila kerja sama ini bisa ditindaklanjuti, maka akan lebih baik," katanya.

Lagi, kata Gubernur, terkait dengan pariwisata, Menteri sempat mengunjungi air terjun Huanggoshou, alamnya sangat mirip dengan Sulawesi Utara.

Sehingga akan saling menguntungkan bila antara Provinsi Sulut dan Provinsi Guizhou menjadi Sister City untuk kerja sama di sektor pariwisata, perdagangan dan perikanan, ujarnya.

Pada pertemuan itu, kata Olly, menurut Gubernur Sun, pidato dan kunjungan Menteri Puan ke lokasi-lokasi di Provinsi Guizhou memberikan kesan mendalam.

"Sun pun menyampaikan tujuan pertemuan kali ini guna membahas lebih lanjut pertukaran dan melanjutkan kerja sama serta membuka era kerja sama yang baru," katanya.

Sun menjelaskan, di sektor pendidikan terdapat kerja sama dengan 15 perguruan tinggi di Indonesia dan sekitar 20 lebih mahasiswa sedang belajar di Guizhou.

Hal ini kata dia, menandakan hubungan kerja sama pendidikan Pemerintah Indonesia dan Guizhou sangat baik, sementara di bidang pariwisata, sekitar 12 ribu orang Indonesia berkunjung ke Guizhou pada tahun lalu.***1***





(T.K011/B/B015/B015) 21-06-2017 16:09:09

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024