Minahasa Tenggara, 19/6 (Antara) - Data penduduk di Kabupaten Minahasa Tenggara mengalami penurunan, dari data sebelumnya berjumlah 117 ribu jiwa kini berjumlah 115 ribu jiwa.
"Penurunan jumlah penduduk ini kami dapat setelah dilakukan pemutakhiran data di semua desa dan kelurahan di Minahasa Tenggara," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Minahasa Tenggara David Lalandos di Ratahan, Senin.
Ia menuturkan beberapa indikator yang berakibat adanya perubahan data tersebut, antara lain meninggal dunia, serta pindah domisili.
"Ada juga penduduk yang terdata sebelumnya, tidak diketahui keberadaannya saat ini sehingga mempengaruhi juga data secara keseluruhan," katanya.
Lebih lanjut kata David, setelah dilakukan pemutakhiran oleh Disdukcapil, pihaknya melaporkan data tersebut ke Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Kependudukan dan Catatan Sipil.
"Nantinya akan dimasukkan ke pangkalan data yang ada di kementerian, dan selanjutnya akan dilakukan verifikasi kembali," jelasnya.
Sementara itu David berharap masyarakat yang belum melakukan perekaman atau tak sempat dilakukan pendataan saat pemutakhiran agar segera melaporkan ke Disdukcapil.
"Bagi masyarakat yang belum melakukan perekaman, atau tidak sempat terdata dalam pemutakhiran kami minta untuk melaporkan diri," tandasnya.***2***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024