Tondano (AntaraSulut) - Persiapan pelaksanaan Tondano Lake Marathon dengan total hadiah mencapai Rp1 miliar yang rencananya dihelat Agustus 2017 mulai rampung. Hal ini dikatakan Kadis Kepemudaan dan Olahraga Siby Sengke, Jumat (16/6).

"Segala persiapan baik dana dan fasilitas terus kami selesaikan, karena kegiatan ini bertaraf internasional maka harus disiapkan dengan sebaik-baiknya," ungkapnya.

Dikatakannya, rute yang akan dilalui adalah seputaran Danau Tondano, yang terbagi dalam lima kategori yakni 42, 20, 10, 5 dan 2 kilometer. “Masing-masing lokasi yang akan menjadi titik start sudah dibicarakan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Kawanua Sedunia Mieke Tumurang mengungkapkan, pada rapat terakhir yang dilaksanakan kemarin, panitia sudah melakukan evaluasi dan perampungan kegiatan.

“Sejauh ini kami terus intensif melakukan rapat, supaya kegiatan ini jangan sampai ada yang terlewatkan. Baik dana, target peserta, kesiapan panitia maupun hal sekecil apapun sudah kami siapkan, terima kasih juga karena Pemkab Minahasa terus menopang kami. Pastinya, kegiatan ini sudah siap diselenggarakan,” ujarnya.

Dikatakannya, awal Juli panitia akan kembali melaksanakan pertemuan-pertemuan, guna menyelesaikan semua hal yang dibutuhkan.

“Rapat besar akan dilaksanakan awal Juli, dan mulai sejak itu akan setiap hari diadakan pertemuan. Kami terus berkoordinasi dengan Pemkab Minahasa untuk iven ini, diharapkan semua camat dan pemerintah desa menopang kegiatan ini, khususnya bagi rute-rute yang akan dilewati,” harapnya.

“Pendaftaran sudah dibuka dan bisa diakses melalui website blibli.com. Sejauh ini sudah ada beberapa peserta yang mendaftar, target kami dari semua kategori yakni sebanyak 1.000 atlet yang datang baik dari luar negeri maupun seluruh Indonesia. Jadi kami meminta topangan masyarakat juga agar kegiatan ini berlangsung dengan baik dan mengangkat nama Minahasa dikancah nasional maupun internasional,” pungkasnya.

Pewarta : Martsindy Rasuh
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024