Manado, 12/6 (Antara) - PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi (Samrat) Manado menyiapkan Posko Lebaran 2017 guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sebelum dan sesudah perayaan Idul Fitri.

"Alat produksi terutama yang terkait dengan aspek keselamatan dan keamanan terus kami pastikan kesiapannya untuk melayani pengguna jasa yang terbang dari dan ke Manado selama musim mudik Lebaran 2017," jelas Kepala Seksi Komunikasi dan Legal Bandara Sam Ratulangi Yuristo Ardhi H di Manado, Senin.

Dia mengatakan seperti tahun sebelumnya, pihak AP I akan mulai membuka Posko Terpadu Angkutan Lebaran mulai 15 Juni 2017.

Tahun ini, katanya, posko tersebut akan resmi beroperasi pada H-10 sampai H+15 Lebaran yaitu per tanggal 15 Juni 2017 hingga 11 Juli 2017.

Posko Angkutan Lebaran 2017 di Bandara Sam Ratulangi Manado akan terbagi menjadi dua yaitu Posko Pengawasan, Pelayanan dan Monitoring Data, serta Posko Kesehatan.

"Posko ini akan berjalan sesuai dengan Standart Operasional Prosedur (SOP) dan melibatkan pihak eksternal seperti Otoritas Bandara, personel dari TNI, Polri, Kantor Kesehatan Pelabuhan dan BMKG," katanya.

Setiap harinya akan ada petugas gabungan yang memberikan informasi kepada posko pusat (Jakarta), dan memiliki tugas utama memberikan pelayanan dalam rangka memperlancar arus mudik dan arus balik bagi para penumpang dengan melakukan pengawasan pelaksanaan persiapan.

Dia menjelaskan pemantauan dan pengendalian dan evaluasi Angkutan Udara Lebaran Tahun 2017 (1438 H) di Bandara Sam Ratulangi.

Yuristo melanjutkan melalui posko tersebut kelancaran arus penumpang di sisi darat, terminal dan sisi udara akan terus dipantau.

"Kami akan terus meninjau dan memastikan tingkat keselamatan, keamanan serta pelayanan di Bandar Udara terkait operasi pesawat udara, penumpang dan barang selama musim mudik ini," tambahnya.***1***



(T.KR-NCY/B/A039/A039) 12-06-2017 15:48:50

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024