Manado, (Antarasulut) - Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, Senin, menyalurkan dana hibah bagi 1.000 pemuka lima agama yang diakui di daerah tersebut.

"Pemuka agama menerima dana masing-masing sebesar Rp1.250.000 perorang setiap bulan, dan disalurkan tiap tiga bulan sekali," Kata Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Daerah Kota Manado, melalui Kasubag Agama, Emmy Situmorang-Milos, di Manado, Senin.

Emmy mengatakan, untuk penyaluran di hari pertama yang datang sekitar 600 orang pemuka agama, lainnya dilakukan pada hari kedua.

Menurut Emmy, untuk penyaluran dana hibab di triwulan kedua, dari April sampai Juni 2017, pemerintah menyediakan anggaran sebesar Rp3.750.000.000 bagi 1.000 pemuka agama yang terdaftar sebagai penerima.

Emmy mengatakan, bantuan bagi para pemuka agama tersebut, merupakan program pemerintah sejak beberapa tahun lalu, bahkan sejak periode pertama kepemimpinan Vicky Lumentut yang berpasangan dengan Harley Mangindaan pada 2010-2015.

"Bantuan tersebut adalah bentuk kepedulian pemerintah kepada semua agama, yang memang sudah membantu pemerintah mengatur masyarakat yang merupakan anggota dari golongan-golongan agama di Manado," katanya.

Salah satu pemuka agama kristen yang menerima bantuan, Dirk Kumayas, mengatakan bantuan tersebut sudah mereka terima sejak beberapa tahun sebelumnya yang memenuhi semua syarat yang ditetapkan.

"Kami berterima kasih kepada pemerintah kota yang sudah membantu dengan memberikan hibah dana setiap tahun kepada kami, tentu saja itu menjadi motivasi bagi kami untuk terus bekerja lebih baik," katanya.

Dia mengakui sebagai pemuka agama, mereka punya tugas yang dilaksanakan terutama untuk membuat masyarakat tetap tenang dan tidak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan aturan.***4***



(T.KR-JHB/B/D016/D016) 12-06-2017 16:40:21

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024