Manado, (AntaraSulut) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara membelajarkan 10 siswa Pulau Miangas, Kabupaten Kepulauan Talaud ke Tiongkok belajar budaya dan bahasa negara tersebut.

"Sekitar enam bulan mereka akan belajar di sana. Mudah-mudahan setelah itu bisa mengembangkan pariwisata di pulau terluar Indonesia yang berbatasan dengan Filipina," kata Gubernrur di Manado, Kamis.

Apa yang dilakukan pemerintah provinsi itu, kata Gubernur adalah bentuk dukungan kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud mengembangkan pariwisata sebagai salah satu sektor unggulan mendorong perekonomian dan pembangunan.

"Nantinya juga wisatawan Tiongkok bisa berwisata ke Talaud dan Miangas. Mereka bisa menjadi tour guide karena bisa berbahasa dan belajar budaya negara itu," ujarnya.

Menurut Gubernur, pengembangan sumber daya manusia seperti pengiriman pelajar tersebut sama pentingnya dengan pembangunan infrastruktur pariwisata untuk menghadapi kunjungan turis mancanegara.

"Siapkan dulu manusianya. Jika dibangun dahulu penginapan di Miangas namun belum ada yang pintar berkomunikasi bahasa Tiongkok tentu tidak akan maksimal," ujarnya.

Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan provinsi yang berada di ujung utara pulau Sulawesi, bahkan saat ini sudah ada penerbangan langsung ke Manado dari tujuh kota besar di Tiongkok.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menargetkan sebanyak 30.00 wisatawan Tiongkok yang berkunjung di tahun 2017.

Harapan mengembangkan potensi pariwisata di Pulau Miangas juga dikatakan Camat Steven Maarisit.

"Kami memohon bantuan Gubernur agar sektor pariwisata di Miangas dapat dikembangkan. Karena selama ini hampir semua warga Miangas bekerja sebagai nelayan," katanya mengharapkan.***4***

(T.K011/B/S027/S027) 01-06-2017 18:38:17

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024