Tondano (Antara Sulut) - Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow, Jumat(26/5) menuntaskan  pelantikan hukum tua(Kumtua) hasil pemilihan(Pilhut) serentak kabupaten tersebut pada 25 April 2017 lalu.

Sebanyak 47 dari 49 hukum tua (Kumtua) terpilih dalam Pilhut putaran kedua tahun 2017 resmi menjalankan tugas setelah diambil sumpah janji jabatannya oleh Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow, yang berakhir dengan melantik Kenedy Max Ngogoloy sebagai hukum tua Desa Temboan Kecamatan Langowan Selatan, Jumat (26/5).

Pelantikan pada Jumat (26/5) tersebut diawali melantik  Noldy A Warangkiran sebagai hukum tua Desa Kayuwatu Kecamatan Kakas, selanjutnya Jerry Kawung Desa Bukit Tinggi Kecamatan Kakas Barat dan terakhir Kenedy Max Ngogoloy Desa Temboan Kecamatan Langowan Selatan.

Bupati JWS yang terus didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Olga Sajow-Singkoh mengajak,  warga bersama-sama menopang Kumtua terpilih yang sudah dilantik.

"Dalam pemilihan tetap ada yang kalah dan menang, tentu siapa yang terpilih itu pun adalah atas restu dan kehendak Tuhan melalui tangan masyarakat, jadi mari dukung apa yang diprogramkan pemerintah, tanggalkan setiap perbedaan. Mari bersama bangun desa," katanya.

Bupati JWS mengaku  bersyukur karena pelantikan Kumtua di 47 desa  sudah berjalan dengan baik.
"Ini adalah akhir dari pelantikan Kumtua di 47 desa, dan kita bersyukur semua berjalan dengan baik. Pelantikan sudah dilaksanakan, saya berharap Kumtua yang dilantik dapat bekerja tanpa memandang pendukung atau tidak, mengerti akan kebutuhan masyarakat, karena yang paling utama adalah kemakmuran rakyat, bangun apa yang menjadi maunya masyarakat, dan rangkul masyarakat yang ada, tanggalkan perbedaan," kata JWS.

"Bangun Minahasa bersama sehingga ke depan akan maju dan lebih sejahtera, serta bangun komunikasi yang baik antara pemerintah provinsi, kabupaten, kecamatan sampai desa," tandasnya.

Perlu diketahui, sebelumnya 49 desa dinyatakan akan melaksanakan Pilhut 2017. Adapun desa yang sementara menunggu proses pelantikan yakni Desa Tounelet, Kecamatan Sonder dan Desa Lemoh Kecamatan Tombariri.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut  Ketua Dekab Minahasa James Rawung bersama anggota lainnya Feybe Sanger, Kadis Pemuda dan Olahraga Siby Sengke, Kaban Ketahanan Pangan Wenny Talumewo, Kadis Pertanian Refli Mambu, Kadis Pendidikan Arody Tangkere, hukum tua se-kecamatan Kakas Barat dan Langowan Selatan serta undangan lainnya.


Pewarta : Martsindy Rasuh
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024