Jakarta, 21/ (Antara) - Kementerian Pariwisata dan Pemerintah Kota Tomohon, Sulawesi Utara meluncurkan "Festival Bunga Internasional" 2017 yang akan dilaksanakan 8-12 Agustus mendatang.

"Sebagaimana visi dan misi yang ada, pemerintah kota menempatkan sektor pariwisata sebagai sektor unggulan yang dapat menggerakkan pembangunan," kata Wakil Wali Kota Syerly A Sompotan di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, festival bunga internasional yang ketujuh ini akan dikemas menarik dan spektakuler sehingga mampu menyedot perhatian wisatawan nusantara dan luar negeri untuk datang ke kota berpenduduk lebih dari 100 ribu jiwa itu.

"Tomohon International Flower Festival ini telah menjadi agenda tetap tahunan Kementerian Pariwisata, dan launching saat ini merupakan titik awal suksesnya pelaksanaan iven ini," katanya.

Festival ini, lanjut Wakil Wali Kota adalah jendela mempromosikan dan mengakselerasikan komponen pendukung mulai tahapan persiapan, pelaksanaan dan pelaporan semua rangkaian kegiatan.

Kegiatan ini juga menggambarkan kelanjutan komitmen pemerintah kota membenahi seluruh objek wisata yang tersebar di lima kecamatan, ujarnya.

"TIFF tahun ini mengangkat tema seven wonder of Tomohon. Tema ini berkaitan dengan keunikan tujuh danau, tujuh gunung dan tujuh air terjun yang ada di Kota Tomohon," katanya.

Peluncuran festival bunga ini dihadiri Wali Kota Jimmy F Eman, Sekretaris Daerah Harold V Lolowang, Kadis Pariwisata Sulut Daniel Mewengkang, Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Drs Mumus Muslim MM bersama jajaran kementerian pariwisata RI, Wakil Bupati Minut Jopy Lengkong, Kapolres Tomohon AKBP Monang Simanjuntak, SIK.

Selanjutnya, Ketua DPRD Tomohon Ir Miky J Wenur, wakil ketua DPRD Tomohon Joudy Moningka SIP, Ketua Presidium BKSAUA Kota Tomohon Pdt Roy Tamaweol ThM, Ketua FKUB Pdt Joy Palilingan, Ketua Yayasan Torang Samua Basudara di Jakarta dan Ketua PERNIK (Pesona Ragam Etnik Nusantara) Ibu. Coreta Kapoyos, jajaran Pemkot Tomohon, serta warga kawanua di Jakarta.

Sebelum peluncuran dilaksanakan karnaval menyusuri jalan MH Thamrin, atraksi musik komitang, tarian maengket serta paduan suara.***1***






Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024