Manado, 10/5 (Antara) - Kepala Perum Bulog Divre Sulut dan Gorontalo Taufan Akib mengatakan rencana memasok daging beku masih terkendala kurangnya ruang pendingin(Cold Store).

"Kami siap memasok daging beku cukup banyak, namun masih terkendala dengan kurangnya cold storage di daerah ini," kata Taufan dalam rakor kebutuhan pokok menghadapi Ramadhan di Manado, Rabu.

Taufan mengatakan cold storage di Kota Manado dan sekitarnya hanya dimiliki oleh industri ritel, itupun kapasitanya kecil.

"Kalau diakumulasi mungkin hanya sekitar lima ton kapasitas cold storage di Manado," katanya.

Dia menjelaskan, cold storage tersebut, juga sebagian sudah terisi dengan bahan makanan yang dimiliki oleh industri retail tersebut.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Karyanto Suprih mengatakan yang ditugaskan pemerintah untuk memasok daging beku yakni Perum Bulog.

"Kami harap Bulog menyiapkan stok daging beku lebih banyak jelang Ramadhan tahun ini," katanya.

Karena, katanya, harga jual daging beku hanya Rp80 ribu per kilogram dibandingkan harga daging segar di pasaran sebesar Rp100 ribu per kilogram.

Namun, katanya, yang menjadi salah satu kendala yakni tempat penyimpanan yang masih sangat kurang.

Ke depan, katanya, pemerintah akan mencari jalan keluar yang terbaik, sehingga masyarakat di Sulut bisa mendapatkan daging yang lebih baik dan murah.***3***



(T.KR-NCY/B/G004/G004) 10-05-2017 22:21:03

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024