Manado, (AntaraSulut) - Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi Keuskupan Manado (PSE-KM) dan Forum Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Keuskupan Manado menggelar pelatihan tentang Credit Union(CU) berlangsung selama dua hari 23-24 April 2017.
Pembukaan dan kegiatan hari pertama dilaksanakan di Aula Paroki Kokoleh, Minahasa Utara sedang hari kedua dan penutupan dilaksanakan di Aula Paroki Taratara, Tomohon.
      
Sekitar 140 peserta utusan 10 Credit Union (CU) yang ada di wilayah Keuskupan Manado (Provinsi Sulawsi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo) hadir pada kegiatan yang dibuka pelaksanaannya oleh Ketua Forum LKM-KM Pastor Dino Kalalo Pr saat misa di Gereja Paroki yang turut dihadiri ribuan umat setempat. Penutupan kegiatan dilakukan Pastor Berty Rumondor Pr (Ketua Badan Pengawas CU Kamberu Kokoleh pada pelaksanaan misa di gereja paroki.
      
Tema yang akan pada kegiatan ini adalah Credit Union memberdayakan masyarakat lokal dalam mengelola dan melindungi sumber hak ekonomi demi kesejahteraan bersama.
      
Beberapa narasumber ditampilkan, yakni Ketua Komisi PSE-KM Pastor Joy Derry Pr yang membawakan materi tentang Pendalaman Visi dan Misi CU, Pengembangan Microfinance di CU, Harapan untuk Aktivis CU, Fungsi dan Tanggung Jawab Badan Pengawas.
      
Ketua Badan Pengurus CU Mototabian Kotamobagu Lucky Mussung tentang Profesional  Leadership Ethos, Ketua CU Sulubombong Franco Daempal tentang Fungsi dan Tanggung Jawab Pengurus dan Strategi Peningkatan Anggota, Suster Johana DSY tentang Personality Plus dalam CU : Kepribadian dan SDM, serta Ketua Pra Puskopdit Max Sarongsong tentang Daferma.
      
Proses pelatihan berlangsung dinamis dan komunikatif. Sejumlah sharing dilakukan baik dari para narasumber maupun peserta yang adalah Badan Pengurus, Badan Pengurus, staf dan aktivis dari masing-masing CU yakni Bersatu, Kamberu, Harapan, Magistra,  Mosinggani, Pilar, Damai, Bersama, Modialan,  Ma'ulit, dan Pomenggoni Noa.
      
Ada sejumlah topik didiskusikan / dibahas dalam diskusi kelompok yang kemudian diangkat dalam diskusi umum. Pada intinya bagaimana menarik calon anggota dan upaya memberikan pelayanan terbaik bagi anggota. Performance CU termasuk pengawas, pengurus, staf serta mutu pelayanan dan produk.
      
Di pengujung kegiatan, Ketua Badan Pengawas CU Pilar Pastor Berty Rumondor Pr dan Ketua Forum LKM-KM Pastor Dino Kalalo Pr memimpin pertemuan yang membicarakan beberapa hal tentang kemajuan Forum LKM-KM.

Pewarta :
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024