Manado, (AntaraSulut) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengatakan untuk mencapai visi pembangunan membutuhkan perencanaan matang setiap aspek.

"Perencanaan yang baik akan menentukan keberhasilan pembangunan Sulut dan sudah menjadi kewajiban pemerintah daerah untuk melaksanakan sebaik mungkin setiap bidang pendukungnya," kata Gubernur Olly di Manado, Rabu.

Menurut Gubernur, perencanaan pembangunan matang akan mendorong terwujudnya Sulut yang berdikari dalam ekonomi, berdaulat dalam politik dan berkepribadian dalam budaya.

"Ini adalah visi kami saat mencalonkan sebagai pasangan gubernur dan wakil gubernur," katanya.

Gubernur juga mengingatkan 10 program prioritas pembangunan yang akan direalisasikan pada tahun 2018.

Program-program prioritas itu adalah penggulangan kemiskinan, pendidikan, kesehatan, revolusi mental dan reformasi birokrasi, infrastruktur dan pengembangan wilayah, kedaulatan pangan, trantibmas, peningkatan daya saing investasi, pembangunan pariwisata dan pengelolaan bencana dan mitigasi iklim.

Gubernur menambahkan, asumsi ekonomi makro tahun 2018 yang menjadi dasar penyusunan alokasi anggaran untuk mencapai10 program prioritas tersebut adalah tingkat inflasi yang berkisar 3-5 persen.

Selanjutnya, nilai pertumbuhan ekonomi 6,5-6,7 persen, jumlah pendapatan perkapita 37-40 juta, tingkat kemiskinan 7,5-7,9 persen dan tingkat pengangguran 5,9-6,2 persen.

Saat ini, kata dia, pada tahapan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah jumlah usulan yang disampaikan kabupaten dan kota sebanyak 1.812 item, sementara yang diterima 1.074 usulan dan yang ditolak sejumlah 738 usulan

"Musrenbang ini bertujuan untuk menyelaraskan program dan kegiatan prioritas pembangunan provinsi dan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan nasional, serta usulan

program dan kegiatan hasil musrenbang kabupaten dan kota," paparnya.***2***





(T.K011/B/G004/G004) 26-04-2017 23:38:52

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024