Sangihe,(Antara) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara menetapkan Jabes Ezar Gaghana sebagai bupati dan Helmud Hontong sebagai wakil bupati Sangihe periode 2017-2022.

       Penetapan Jabes dan Helmud sebagai bupati dan wakil bupati Sangihe dilaksanakan dalam rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sangihe bertempat di aula Bhayangkari Mapolres Sangihe, Kamis siang.

      Rapat pleno yang dipimpin ketua KPU Sangihe Elyese Sinadia dihadiri oleh empat anggota KPU Sangihe masing-masing Jakc Seba, Megakarya Sasue, Chairil Anwar dan Tomy Mamuaya.

      Turut hadiri Ketua Divisi Hukum KPU Sulut Ardiles Mewo juga pasangan Jabes Gaghana dan Helmud Hontong sebagai pemenang Pilkada Sangihe.

      Acara diawali dengan penandatanganan berita acara pleno penetapan bupati dan wakil bupati terpilih oleh lima komisioner KPU Sangihe disaksikan tiga orang pimpinan Panwas Sangihe.

      Dalam berita acara nomor 88/BA/PILBUP/IV/2017 ditetapkan pasangan Jabes Gaghana-Helmud Hontong sebagai bupati dan wakil bupati Sangihe terpilih periode 2017-2022 dengan perolehan suara 55,41 persen.

      Dalam acara tersebut juga dibacakan surat keputusan KPU Sangihe nomor 55/Kpts/KPU-Kab=023.436245/PILBUP/TAHUN 2017 tanggal 6 April 2017 tentang penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Sangihe tahun 2017.

      Surat keputusan yang dibacakan Ketua Divisi Hukum KPU Sangihe Jakc Seba menetapkan pasangan Jabes Gaghana dan helmud Hontong sebagai bupati terpilih periode 2017-2022.

      Acara turut dihadiri pejabat Pemerintah Kabupaten Sangihe yang tergolong dalam Forum komunikasi pemerintah daerah (Forkopimda) tokoh agama dan tokoh masyarakat serta undangan namun tidak dihadiri oleh pasangan calon Makagansa-Silangen.

      Bupati terpilih Jabes Ezar Gaghana dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada KPU Sangihe bersama jajaran yang sudah melaksanakan Pilkada dengan baik.

      Jabes Gaghana juga mengajak semua masyarakat Sangihe untuk kembali bersatu membangun Kabupaten Sangihe demi kesejahteraan seluruh masyarakat.***2***



(T.KR-JRL/B/G004/G004) 06-04-2017 15:23:24

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024