Bitung, 20/3 (AntaraSulut) - Wakil Wali (Wawali) Kota Bitung Maurits Mantiri minta setiap perangkat daerah setempat agar mampu berinovasi dalam meningkatkan kinerjanya menuju Bitung lebih maju dan sejahtera.

"Bukan saatnya lagi bekerja hanya sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing namun berinovasi mencari peluang dalam memajukan konteks pembangunan Kota Bitung sangat diperlukan," kata Mantiri dalam rapat evaluasi perangkat daerah di Bitung, Senin.

Mantiri mengatakan PD harus mampu menjadi motivator menjemput bola yang berarti mampu memberikan terobosan-terobosan baru sebagai wujud inovasi yang dibutuhkan dalam era informasi dan teknologi.

Karena itu, lanjut Mantiri, setiap perangkat daerah harus mampu berkoordinasi dengan sesama agar dapat berinovasi di berbagai bidang untuk mewujudkan sistem pemerintahan yang efisien dan efektif.

Mantiri meminta seluruh jajaran perangkat di lingkup Pemerintah Kota Bitung agar tetap memegang komitmen dalam menjalankan setiap program dan kegiatan yang telah dituangkan dalam daftar pelaksanaan anggaran (DPA).

Menurut Mantiri, perangkat daerah yang tidak melaksanakan tanggung jawabnya sesuai dengan peruntukan serta tidak berdasarkan pada prinsip-prinsip yang ada berarti tidak bertanggungjawab, maka patut dievaluasi.

"Jadi tahun ini perangkat daerah lingkup kota Bitung harus kerja keras dan memegang teguh komitmen yang sudah ditetapkan, jika masih ada yang malas, maka akan secepatnya melakukan evaluasi,"kata Mantiri.

Menurutnya, langkah tegas tersebut akan diambil guna menata sistem birokrasi yang lebih baik untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

"Kalau perangkat daerah sendiri yang lalai dengan aturan yang ada maka otomatis itu salah dia sendiri karena itu jangan salahkan pihak pemerintah jika memang PD yang malas akan ditindaklanjuti,"katanya.

Dia menambahkan, sudah saatnya PD taat pada peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis, transparan dan bertanggung jawab dengan memperhatikan asas keadilan, kepatutan dan manfaat untuk masyarakat sekaligus dapat mendorong percepatan penurunan angka kemiskinan dan pengangguran.***2***



(T.KR-JHB/B/G004/G004) 20-03-2017 23:18:21

Pewarta : Marlita Korua
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024