Sangihe, (Antara) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara tahun 2017 ini akan membangun gedung badan usaha milik desa (Bumdes) di kampung Lenganeng Kecamatan Tabukan Utara.

       "Tahun 2017 ini akan dibangun gedung Bumdes di kampung Lenganeng," kata Hesky Olden Sasundu, Kapitalaung Lenganeng di Tahuna.

      Menurut dia lahan untuk pembangunan gedung sudah disiapkan masyarakat dan pemerintah kampung sedangkan anggarannya disiapkan oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Sangihe.

       "Lahan untuk pembangunan gedung sudah kami siapkan sedangkan dana pembangunan disiapkan pemerintah daerah," kata dia.

       Dia menjelaskan dana pembangunan sebesar Rp 2,8 miliar sudah disiapkan pemerintah melalui anggaran pendapatan belanja nasional (APBN).

       Menurut dia Bumdes kampung Lenganeng sudah terbentuk sejak tahun 2016 dengan berbagai kegiatan masyarakat termasuk sentra industri kecil menengah pandai besi.

       "Masyarakat kampung Lenganeng juga memiliki industri kecil pandai besi yang dikerjakan hampir semua kelaurga,"kata dia.

       Industri kecil pandai besi ini kata dia menjadi salah satu mata pencaharian masyarakat yang memberikan kontribusi bagi pendapatan masyarakat.

       Dia berharap denga terbentuknya badan usaha milik desa dan dibangunnya gedung BUMDES pendapatan masyarakat pengrajin semakin meningkat melalui penjualan hasil kerajinan.

       "Kami sangat berharap dengan pembangunan gedung yang baru menjadi tempat promosi hasil kerajinan masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup anggota," kata dia.***1***

(T.KR-JRL/B/G004/G004) 15-03-2017 23:15:59

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024