Manado, (Antarasulut) - Kecamatan Singkil Manado, meluncurkan layanan Singkil Cerdas bagi masyarakat untuk memberikan layanan administrasi prima dan serta penanganan masalah sampah setempat.

"Peluncuran dilakukan di Kelurahan Karame dan pemerintah langsung jemput bola melayani masyarakat dalam mengurus administrasi dengan kehadiran mobil berkeliling di seluruh wilayah kecamatan Singkil," kata Plt Sekretaris Daerah Kota Manado, Rum Usulu, didampingi Camat Singkil, Mursyid Pangalima, di Manado.

Dia mengatakan, pemerintah juga meluncurkan layanan bank sampah, dimana ada kerja sama dengan pengusaha yang membeli plastik-plastik bekas pakai, sehingga bisa menanggulangi masalah sampah yang tak bisa terurai di alam, menjadi bahan yang berguna sekaligus mendatangkan keuntungan bagi masyarakat secara finansial.

Sekretaris Komisi D DPRD Manado, yang berasal dari daerah pemilihan Singkil-Mapanget, mendukung langkah pemerintah kecamatan membuat terobosan tersebut sebab merupakan hal yang baik.

"Masyarakat terbantu dan persoalan sampah juga ikut terselesaikan, sehingga tidak ada lagi membuang sampah sembarangan dan bisa didaur ulang," kata tokoh masyarakat Singkil itu. 

Langkah pemerintah Kecamatan Singkil tersebut, kata Lela, patut dicontoh wilayah lainnya karena selain membantu masyarakat juga mengatasi masalah sampah plastik di Manado. ***4***



(T.KR-JHB/B/G004/G004) 16-03-2017 20:27:06

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024