Minahasa Tenggara, 3/3 (Antara) - Bank Nasional Indonesia (BNI) memfasilitasi promosi dan penjualan produk dari Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Minahasa Tenggara, dengan menyiapkan situs `website` www.mitramall.com.
"Kita memfasilitasi pembuatan website ini bagi para UKM untuk mempromosikan dan menjual produk hasil produksi mereka," kata Kepala Kantor Cabang Pembantu (KCP) BNI Ratahan Michael Korua di Ratahan, Jumat.
Ia menuturkan hal tersebut merupakan bagian dari komitmen antara BNI dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara, untuk mengairahkan para UKM di daerah tersebut.
"Sasaran kita untuk mengairahkan dan mengembangkan kegiatan para UKM, karena membantu mereka mempromosikan serta menjual hasil usahanya," jelasnya.
Michael mengakui, pihaknya telah menjaring sejumlah UKM di Minahasa Tenggara untuk menjual hasil produksinya melalui `website` tersebut.
"Kita sudah mengumpulkan UKM di daerah ini, dan respon dari mereka sangat baik, karena telah membantu menjual produksi usahanya," jelasnya.
Selain itu kata Michael, pihaknya juga telah menyiapkan rumah kreatif untuk mengelolah `website` tersebut dan menangani pemesanan dari para konsumen yang melakukan pemesanan.
"Tim rumah kreatif ini kita sudah siapkan, dan memberikan pelatihan untuk mengelolah website, dan melayani pemesanan dari konsumen yang melakukan pembelian secara online," ujarnya.
Michael mengakui, salah satu kendala dalam pengembangan `website` tersebut yakni masalah koneksi atau jaringan internet.
"Kita masih mencari solusinya untuk mengatasi masalah jaringan ini, sehingga tidak mengganggu dalam pemesanan barang nantinya," tandasnya.
Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Minahasa Tenggara Marie Makalow mengungkapkan, keberadaan `website` akan sangat membantu pengembangan usaha kecil.
"Jika dimanfaatkan dengan baik, para UKM di daerah kita tidak usah takut lagi mencari pasar untuk menjual hasil produksinya. Karena dengan kemajuan teknologi saat ini, pembeli bisa langsung melihat barang-barang lewat website meskipun ada di luar daerah atau luar negeri," jelas Marie.***3***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024