Bitung,  (Antara) - Perangkat daerah Kota Bitung diingatkan saling berkoordinasi dalam menanggulangi kemungkinan bencana banjir bandang dan tanah longsor ke depan.

"Mengingat kondisi alam dan tingginya curah hujan, maka perangkat daerah agar mewaspadai ancaman bencana alam sehingga kejadian serupa tidak terjadi lagi," kata Plt Sekretaris Daerah Kota Bitung, Youke Senduk, di Bitung.
Senduk mengatakan, perlu mengevaluasi pelayanan kepada masyarakat terkait bencana banjir sampai hasil yang sudah dilaksanakan semenjak bencana terjadi, sampai penanggulangan saat ini.

"Evaluasi dari tahap evakuasi, sampai sejauah mana realisasi penanggulangan yang diberikan pemerintah kota Bitung," kata Senduk.

Senduk, juga minta laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bitung, hasil evakuasi hingga penangan pengungsi dinilai sudah memadai.

Dia mengatakan, penanganan lengkap yang dimulai dari evakuasi, dapur umum, posko kesehatan, dan terapi anak sudah dilakukan sudah dilaksanakan.

Sdangkan Dinas Kesehatan sudah menyalurkan obat-oabatan bagi pengungsi dan pihak Perusahaan daerah Air Minum (PDAM) menyalurkan air bersih dan dapat

Senduk meminta semua Kecamatan di Kota Bitung untuk menambahkan personel guna membantu dan meringankan keadaan dilokasi khususnya pada saat ini dalam percepatan kelangsungan pembersihan di Lokasi.

Dia berharap, aparatur kecamatan dan kelurahan agar bekerja sama dengan masyarakat yang ada di lokasi rawan bencana banjir agar tetap waspada serta melarang warga untuk kembali ke lokasi rawan bencana.***4***





Pewarta : Marlita Korua
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024