Manado, (AntaraSulut) - Wali Kota Tomohon, Sulawesi Utara, Jimmy F Eman mengajak masyarakat bersahabat dengan alam dan tidak berperilaku merusak lingkungan.

"Isu aktual di Kota Tomohon saat ini adalah banjir dan pohon tumbang. Hal ini mengindikasikan adanya sesuatu yang harus dibenahi," kata Wali Kota Jimmy di Tomohon, Minggu.

Curah hujan tinggi dan juga tingkat penyerapan air berkurang di titik-titik daerah tertentu akan menyebabkan banjir.

"Kegiatan penanaman pohon akan berdampak langsung meminimalisasi bencana banjir dan tanah longsor bahkan pohon tumbang. Bencana bahkan tak hanya terjadi di Kota Tomohon tetapi di beberapa daerah di Indonesia," katanya.

Menurut politikus Partai Golongan Karya itu, apabila manusia bersahabat dengan alam, maka alam akan memberikan kehidupan.

"Alam yang terpelihara dan lestari akan memberikan kehidupan dan bukan bencana karena dari sana akan tumbuh keseimbangan," ujarnya.

Wali Kota juga mengimbau masyarakat di kota berpenduduk lebih dari 100 ribu jiwa itu mewaspadai cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini dan membawa bencana.

"Bagi warga kota yang tinggal di daerah rawan bencana banjir, tanah longsor bahkan pohon tumbang berhati-hatilah. Carilah tempat yang lebih aman bila kondisi cuaca hujan lebat dan angin kencang," ajaknya.***4***



(T.K011/B/M019/M019) 26-02-2017 18:20:25

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024