Sangihe, (Antara) - Pasangan calon bupati Jabes Ezar Gaghana dan calon wakil bupati Helmud Hontong dinyatakan sebagai pemenang dalam Pilkada kabupaten kepulauan Sangihe Sulawesi Utara.

      "KPU sudah menetapkan hasil perhitungan perolehan suara yang dimenangkan oleh pasangan calon Gaghana-Hontong," kata ketua KPU Sangihe Elysee Sinadia di Tahuna.

      Kemenangan pasangan yang diusung partai Golkar dan partai Hanura ini ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten setempat melalui SK nomor : 51/KPTS/KPU-Kab-023.436245/Pilbup/tahun 2017.

       Dikatakan Sinadia penetapan hasil perolehan suara dilakukan melalui rekapitulasi hasil suara yang dilaksanakan selama tiga hari dihadiri oleh PPK dan Panwascan se kabupaten Sangihe, Panwas kabupaten dan saksi dua pasangan calon.

      "Kami melakukan pleno rekapitulasi perhitungan suara selama tiga hari bertempat di Markas Komando (Mako) TNI AL Tahuna," kata dia.

       Dari hasil rekapitulasi tersebut kata dia diperoleh angka yang pasti bagi dua pasangan calon bupati dan calon wakil bupati.

       "Pasangan calon nomor urut satu HR. Makagansa-Fransiscus Silangen mendapat 37.737 suara dan pasangan JE Gaghana-Helmud Hontong mendapat 46.899 suara," kata dia.
 
      Menurut dia dengan keputusan KPU ini maka diberikan waktu kepada pasangan Makagansa-Silangen selama tiga hari kalau ingin melakukan gugatan hasil ke Makhama Konstitusi.

       "Kami memberikan waktu tiga hari kerja kepada pasangan Makagansa-Silangen kalau ingin melakukan gugatan ke MK," katanya.

       Kalau sampai batas waktu ditentukan tidak ada gugatan maka KPU Sangihe segera melakukan pleno penetapan calon terpilih untuk selanjutnya diproses pengangkatan sebagai bupati.

       "Kalau sampai hari Selasa (28/2) tidak ada gugatan ke MK maka KPU segera menetapkan pasangan Gaghana-Hontong sebagai calon terpilih untuk diproses dan diresmikan sebagai bupati dan wakil bupati," kata dia.***2***

(T.KR-JRL/B/A029/A029) 24-02-2017 18:20:44

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024