Manado, (AntaraSulut) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Utara berharap warga mewaspadai gelombang 2,5-4,0 meter yang berpeluang terjadi di perairan Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada Jumat (17/2).

"Nelayan ataupun pengguna transportasi laut diharapkan mewaspadai tinggi gelombang di perairan tersebut," harap Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Bitung Frans Mbaubedari di Manado, Kamis.

BMKG juga kata dia, mengeluarkan peringatan dini gelombang setinggi 1,25-2,5 meter yang berpotensi terjadi di perairan bagian timur Kota Bitung, laut Sulawesi bagian timur dan selatan Sulawesi Utara.

"Kecepatan angin permukaan yang bertiup dari arah utara hingga barat laut 10-20 kilometer per jam," katanya.

Sementara itu, Kepala Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Fransin Pattynama menambahkan, kondisi cuaca di 15 kabupaten dan kota hujan ringan.

Kondisi cuaca seperti ini berpotensi diperkirakan terjadi di Kota Manado, Bitung, Kotamobagu, Tomohon, Kabupaten Minahasa, Minahasa Utara, Minahasa Tenggara, dan Minahasa Selatan.

Selanjutnya, Kabupaten Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Utara, Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang Mongondow Timur, Kepulauan Sangihe, Kepulauan Sitaro dan Kepulauan Talaud. ***4***

(T.K011/B/B012/B012) 16-02-2017 19:11:17

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024