Manado, (Antarasulut)- Kota Manado, kembali mendapatkan nilai BB dari Kemenpan RB RI, dalam laporan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (LHE-AKIP) 2016.

"Manado mendapatkan nilai tertinggi dalam kinerja instansi pemerintah di kawasan timur Indonesia," kata Wakil Wali Kota Manado, Mor Bastiaan, melalui Kepala Bagian Organisasi Kepala Bagian Organisasi Kepegawaian dan Reformasi Birokrasi Setda Kota Manado, Innov Walelang, di Manado. 

Innov mengatakan, penghargaan atas prestasi tersebut diserahkan oleh Menpan RB, Asman Abnur, di Jogjakarta, Senin, untuk regional wilayah III, dan diterima oleh Wakil Wali Kota Manado, Mor Dominus Bastiaan.

Menurutnya saat menyerahkannya Menpan RB, menyatakan pemerintah Manado sudah menunjukan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran yang cukup baik jika dibandingkan dengan capaian kinerjanya.

"Dan itu semua karena pembangunan budaya birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada hasil sudah berjalan, meskipun masih memerlukan perbaikan lebih lanjut," katanya mengutip pernyataan Menpan RB.

Dia mengatakan berdasarkan PP nomor 8/2006 tentang pelaporan keuangan dan kinerja instansi pemerintah dan Perpres 29/2014 tentang sistem akuntabilitas kinerja intansi pemerintah dan evaluasi kinerja Pemkot.

"Juga sesuai dengan Permen PAN RB 12/2015 tentang evaluasi atas implementasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah serta untuk menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban hasil (outcome) terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi pada hasil serta memberikan saran perbaikan yang diperlukan," katanya.

Untuk itu, kata Walelang, maka terhadap evaluasi tersebut, maka Kemenpan RB memberikan nilai hasil evaluasi tahun 2016 mencapai angka 68,32 dengan tingkat akuntabilitas kinerja dengan nilai B. ***2***





(T.KR-JHB/B/G004/G004) 07-02-2017 22:45:02

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024