Bitung,  (Antara)- Wali Kota Bitung Maxmiliaan Jonas Lomban mengapresiasi Dewan Pertahanan Nasional (Wantanas) yang megunjungi Kota Bitung, Sulawesi Utara, dalam mengukur ketahanan kota setempat yang dikaitkan dengan ketahanan nasional.

"Kunjungan ini menjadi keuntungan bagi Kota bitung yang dapat memberikan pemaparan berkaitan dengan kemajuan dan hambatan dalam menjaga ketahanan nasional," kata Lomban, dalam pertemuan di Balai Pertemuan Umum di Bitung, Kamis.

Tim Wantanas yang diketuai oleh Brigjen TNI Robert R Lumempouw bersama rombongan diterima langsung oleh Wali Kota dan didampingi Plt Sekretaris Kota Bitung, Malton Mandalangi.

Lomban mengatakan, situasi ekonomi yang masih lesu khususnya di sektor perikanan yang sangat berdampak bagi masyarakat, sehingga pemkot mengambil langkah bijaksana dengan memaksimalkan potensi pariwisata.

"Saat ini dikenal dengan lima potensi wisata yakni wisata bahari, flora, fauna, industri dan religi sejarah," kata Lomban.

Menurut Lomban, program tersebut sejalan dengan program Pemerintah Provinsi sehingga ada sinkronisasi yang baik yang mampu mengangkat keterpurukan ekonom Kota Bitung.

Terkait dengan bidang sumber daya manusia (SDM), lanjut Lomban, pemkot kedepannya akan melakukan studi banding di China untuk mempersiapkan sdm yang berkualitas.

"Juga telah dilakukan kerja sama dengan beberapa investor bahkan telah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) untuk pembangunan hotel serta berbagai tempat akomodasi bagi wisatawan," Kata Lomban.

Wali Kota Bitung berharap, lewat kunjungan kerja kali ini, boleh menjadi kajian dan evaluasi bagi tim Wantanas sehingga mampu menyampaikan berbagai hal tersebut khususnya kepada Presiden RI, sehingga ada jalan keluar dari berbagai permasalahan yang ada.***2***

(T.KR-FML/B/H005/H005) 26-01-2017 17:12:30

Pewarta : Marlita Korua
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024