Minahasa, 25/1 (Antara) - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Kakas Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memotivasi siswa menjadi enterpreneur muda.

"Terus memberikan motivasi kepada anak didik agar menjadi pelaku usaha yang handal dan mampu memberikan dampak positif bagi banyak orang," kata Kepala Sekolah SMA Negeri Kakas Nachson Kantale di Tondano, Rabu.

Dia mengatakan sejak dini para anak didik akan dilatih juga membindangi usaha tertentu, diantaranya bercocok tanam, maupun industri rumah tangga lainnya.

Di akhir tahun 2016, anak didik melakukan produksi kue kering dan dijual menjelang Natal dan Tahun Baru.

Dan saat ini, kata Kantale, sementara melakukan panen cabai rawit hasil usaha anak-anak didik dan diharapkan hasilnya mampu membantu masyarakat mendapatkan dengan harga lebih rendah.

Pihak sekolah juga, katanya, telah melakukan kerja sama dengan Perum Bulog Divre Sulut sehingga hasil panen dibeli Bulog untuk dijual lagi ke pasaran.

"Saya sangat senang karena SMA Kakas bisa membantu pemerintah dalam menstabilkan harga cabai yang cukup tinggi saat ini," kata Kantale.

Ratusan ton, cabai rawit sudah dipanen, dan ke depan akan terus ditingkatkan bukan hanya cabai saja, namun disesuaikan dengan minat siswa untuk berusaha.***3***



(T.KR-FML/B/G004/G004) 25-01-2017 22:21:16

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024