Manado, 17/1 (Antara) - Direktur Utama PT Bank Sulawesi Utara dan Gorontalo (Sulutgo) Jeffry Dendeng mengatakan transformasi bank pembangunan daerah (BPD) mampu menjadikan Bank Sulutgo lebih kuat.

"Program transformasi BPD berarti Bank Sulutgo sebagai bagian dari BPD harus menjadi bank yang berdaya saing tinggi dan kuat," kata Jeffry di Manado, Selasa.

Dia mengatakan serta berkontribusi signifikan bagi pertumbuhan dan pemerataan ekonomi daerah yang berkelanjutan.

Jeffry menjelaskan melalui program transformasi diharapkan BPD akan menjadi pemimpin di daerahnya dan sebagai grup bank terbesar, terbaik, dan terkuat di industri perbankan nasional.

Adapun tiga sasaran yang akan dicapai Bank Sulutgo yakni meningkatnya daya saing, menguatnya layanan, dan meningkatnya kontribusi terhadap pembangunan daerah Sulut dan gorontalo.

"Untuk itu pada kesempatan ini atas nama manajemen Bank Sulutgo saya mengajak kita semua untuk mewujudkan visi transformasi Bank Sulutgo dan mencapai apa yang telah kita cantumkan dalam corporate plan maupun dalam RBB tahun 2017," jelasnya.

Dia mengatakan keberhasilan yang telah diraih pada tahun 2016 tentunya tidak membuat larut dalam kegembiraan yang membuat kita lengah, karena yang akan dikerjakan di tahun 2017 harus mencapai target yang telah ditetapkan.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulut Gorontalo dan Maluku Utara (Sulutgomalut) Elyanus Pongsoda mengatakan program Transformasi BPD merupakan inisiatif strategis yang tidak hanya meningkatkan kinerja, ketahanan dan daya saing kelompok BPD, tetapi juga akan berdampak besar bagi pembangunan ekonomi daerah serta akan memperkuat ketahan industri perbankan nasional.

Oleh karena itu, katanya, OJK sangat mendukung terlaksananya Program Transformasi BPD, antara melalui kerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri dalam rangka pengembangan BPD.

OJK dan Asbanda juga telah menjalin kerjasama dengan beberapa lembaga internasional antara lain Sparkassenstiftung fur International Kooperation (Savings Banks Foundation for International Cooperation) dan World Bank dalam rangka bantuan teknis untuk Program Transformasi BPD.

BPD perlu banyak bercermin dari keberhasilan transformasi dan pengembangan bisnis dari lembaga lain baik domestik maupun internasional.***3***



(T.KR-NCY/B/G004/G004) 18-01-2017 00:05:44

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024