Manado, 30/12 (Antara) - Awal Januari 2017 diperkirakan akan menjadi puncak arus balik libur Natal dan Tahun Baru di Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Arus balik penumpang pesawat terbang dari dan ke Manado diprediksi akan terjadi pada H+2 atau jatuh pada 3 Januari 2017," kata General Manager Angkasa Pura (AP) I Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado Nugroho Jati di Manado, Jumat.

Dia memperkirakan, pergerakan lalu lintas udara pada moment liburan tahun baru 2017 akan terjadi pada awal pekan Januari.

"Kami lihat berdasarkan tren yang ada kemungkinan besar puncak arus balik akan terjadi pada H+2," papar Jati.

Menurut dia, tingginya jumlah arus penumpang tersebut akan memberikan kontribusi pertumbuhan penumpang pesawat pada moment Natal dan tahun baru di Manado.

"Memang dari perkiraan kami akan tumbuh satu digit yakni dikisaran 6,7 persen dari tahun sebelumnya menjadi 163.500 penumpang," ujarnya.

Untuk menyikapi lonjakan penumpang itu, pihaknya bersama stakeholder masih menyiagakan posko terpadu di depan terminal bandara guna memfasilitasi penumpang yang datang dan berangkat.

"Di posko tetap standby mulai dari Otoritas Bandara Wilayah VIII, TNI AU, TNI AL, Polsek Bandara, BMKG, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), pihak maskapai, dan ground handling. Ini semua demi kelancaran arus mudik," jelasnya.

Tentunya untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang tersebut dengan meningkatkan patroli dan pengamanan, hal lain yang menjadi perhatian adalah faktor kebersihan mengingat jumlah penumpang yang banyak tentu sampah yang dihasilkan pun semakin banyak. Sehingga tidak hanya mengontrol keamanan namun juga kebersihannya.

Sementara itu, katanya, antusias pengguna jasa bandara merayakan Natal atau liburan akhir tahun di Provinsi Sulawesi Utara nampak pada H-2 Natal (23/12) dimana jumlah penumpang tertinggi mencapai 9.877 orang atau tumbuh 23 persen dibanding periode yang sama tahun lalu yang tercatat 8.035 penumpang.

Sedangkan hingga hari ke-10 dibukanya Posko Terpadu Natal dan Tahun Baru tercatat sebanyak 84.967 penumpang yang mendarat di Bandara Sam Ratulangi Manado.

Angka tersebut meningkat sekira 17 persen dibanding periode yang sama tahun lalu yang tercatat sebanyak 72.867 penumpang. Jumlah penumpang itu dibawa sekira 833 pergerakan pesawat.

(T.KR-FML/B/G004/G004) 31-12-2016 17:50:33

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024