Manado, (Antarasulut) - Dinas Kesehatan Kota Manado, Sulawesi Utara, mulai melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang penambahan tiga vaksin dasar, yakni Measles Rubella (MR), Pneumococcus, dan Human papillomavirus (HPV).

"Kami sudah menerima pemberitahuan mengenai penambahan tiga vaksin dasar dari Kementerian Kesehatan RI dan sudah mulai mengenalkan kepada masyarakat," kata Kepala Dinkes Manado Robby Mottoh di Manado, Selasa.

Mottoh mengatakan untuk membuat masyarakat kenal dan memahami tentang pentingnya ketiga vaksin tersebut, seluruh puskesmas di Manado sudah diminta melakukan sosialisasi mulai pekan lalu.

Ia mengharapkan dengan menyampaikan hal tersebut lewat sosialisasi, warga mengerti dan membawa anak-anaknya untuk diberikan vaksin Measles Rubella (MR), Pneumococcus, dan Human papillomavirus (HPV) agar kebal terhadap penyakit mematikan yang bisa ditimbulkan oleh virus tersebut.

Sosialisasi, katanya, terutama untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa jika dibeli sendiri, ketiga vaksin tersebut mahal.

Ia menjelaskan engan semangat melindungi generasi muda bangsa, pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan memberikan vaksin tersebut secara gratis.

"Maka disosialisasikan pada masyarakat agar tahu tentang hal tersebut," katanya.

Mottoh mengatakan karena vaksin tersebut berasal dari pusat maka penyalurannya melalui Dinas Kesehatan provinsi, baru sampai ke Manado.

Untuk itu, Dinkes Manado terus melakukan persiapan, yakni mendata jumlah anak di Manado, memetakan lokasinya sehingga bisa memastikan berapa jumlah vaksin untuk Manado.

"Tentu saja kami terus melakukan validasi data, bukan hanya sekadar mendata tetapi memeriksa dan memastikan jumlahnya sehingga vaksin dapat sampai dengan tepat kepada yang berhak," katanya.

Mottoh menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat yang sudah mengupayakan agar ketiga vaksin tersebut masuk dalam kategori dasar, karena dengan demikian akan melindungi anak-anak dan generasi muda bangsa dari bibit penyakit, dan akan memiliki kekebalan setara anak-anak di Eropa. ***4***





(T.KR-JHB/B/M029/M029) 17-01-2017 05:55:23

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024