Manado, (AntaraSulut) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berharap warga mewaspadai hujan sedang hingga lebat yang disertai petir di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara pada hari Senin (16/1).

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca di wilayah kepulauan tersebut," kata Kepala Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Fransin Pattynama, Minggu.

Secara keseluruhan, kata dia, cuaca di 15 kabupaten dan kota berawan, hujan ringan dan hujan sedang.

Cuaca berawan diperkirakan terjadi di Kota Bitung, Kotamobagu, Tondano (Kabupaten Minahasa), Airmadidi (Kabupaten Minahasa Utara), Ratahan (Kabupaten Minahasa Tenggara), Lolak (Kabupaten Bolaang Mongondow), Boroko (Kabupaten Bolaang Mongondow Utara) dan Tahuna (Kabupaten Kepulauan Sangihe).

Sementara itu, hujan ringan berpotensi terjadi di Kota Manado, Tomohon, Tutuyan (Kabupaten Bolaang Mongondow Timur), Molibagu (Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan) dan Melonguane (Kabupaten Kepulauan Talaud).

Sedangkan hujan sedang berpeluang terjadi di Ondong, Kabupaten Kepulauan Sitaro.

"BMKG juga mengeluarkan peringatan dini gelombang 1,25-2,5 meter yang akan terjadi di perairan Kepulauan Talaud," ujarnya.

Dia menambahkan, kecepatan angin permukaan yang bertiup dari arah tenggara hingga barat laut 10-20 kilometer per jam.***4***





(T.K011/C/Y008/Y008) 15-01-2017 21:01:51

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024