Minahasa Tenggara, 10/1 (Antara) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara berada di peringkat 14 secara nasional, untuk presentase penerbitan akte kelahiran.
"Dari data yang ada di pemerintah pusat, posisi Minahasa Tenggara ada diperingkat 14 secara presentase menerbitkan akte kelahiran sepanjang tahun 2016 lalu," kata Kepala Disdukcapil Kabupaten Minahasa Tenggara DAvid Lalandos di Ratahan, Selasa.
Ia menjelaskan sampai akhir tahun 2016 total akte kelahiran yang telah diterbitkan oleh pihaknya mencapai 92 %.
"Dari total 35 ribu jiwa yang wajib memiliki akte kelahiran, kita sudah terbitkan sampai 33 ribu akte, dan langsung diserahkan kepada masyarakat," jelasnya.
Ia menuturkan capaian tersebut tak terlepas dari kerja keras dari seluruh pegawai yang ada di instansinya untuk melakukan pendataan kepada masyarakat.
"Selain melakukan sosialisasi, kita mendatangi langsung masyarakat dari rumah ke rumah untuk mendata warga khususnya anak-anak yang belum mempunyai akte kelahiran, sehingga dengan cepat kita proses penerbitannya," ujar David.
Ia juga mengapresiasi kepada pemerintah desa/kelurahan, kecamatan, dan Dinas Pendidikan yang mendukung pihaknya untuk melakukan pendataan tersebut.
David pun mengimbau kepada seluruh masyarakat yang anaknya belum memiliki akte kelahiran, agar segera melapor.
"Bagi yang belum memiliki akte, kita harapkan segera melapor ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk didata, dan segera diterbitkan," tandasnya.***4***




Pewarta :
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024