Manado, (Antara) - Bandara Sam Ratulangi (Samrat) menyiagakan posko terpadu Natal dan Tahun Baru di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) guna memberikan pelayanan kepada pengguna jasa bandara.

"Bandara Samrat semakin ramai didatangi penumpang yang hendak merayakan libur Natal dan tahun baru yang kian dekat. Tak hanya menghias diri dengan atribut bernuansa Natal, Bandara Sam Ratulangi juga menyediakan Posko Terpadu sebagai bagian dari pelayanan kepada pengguna jasa bandara," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Samrat Manado Nugroho Jati di Manado, Minggu.

Dia mengataka pembentukan Posko merupakan hal rutin tiap tahunnya untuk menghadapi lonjakan penumpang di musim-musim libur panjang, seperti Lebaran dan Natal. Hari ini (18/12) Posko Terpadu telah mulai dilaksanakan.

"Posko terpadu ini mulai hari ini dan berakhir pada 8 Januari 2017," katanya.

Disebut terpadu karena tidak hanya sebagai Posko pengamanan, namun juga pelayanan, kesehatan, dan monitoring data, baik traffic maupun kejadian-kejadian terkait masalah pelayanan, keamanan, dan keselamatan penerbangan.

Pembentukan Posko merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor SE 26 Tahun 2016 perihal pelaksanaan angkutan udara Natal 2016 dan Tahun Baru 2017. Pelaksanaan Posko berlangsung dari 18 Desember 2016 hingga 8 Januari 2017.

"Setidaknya ada 56 anggota Posko yang terdiri dari berbagai instansi. Selain Angkasa Pura sebagai operator bandara, instansi lain yang terlibat dalam pelaksanaan Posko adalah Kantor Otoritas Bandara Wilayah VIII, TNI AU, TNI AL, Polsek Bandara, BMKG, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), pihak maskapai, dan ground handling," ujar Jati.

Pembukaan Posko ditandai dengan apel yang berlangsung di pelataran kantor administrasi Bandara Sam Ratulangi Manado dan dihadiri oleh sejumlah perwakilan komunitas bandara.

Posko ini berlokasi di pick up zone area kedatangan Bandara Sam Ratulangi yang dilengkapi dengan beragam fasilitas, termasuk nomor-nomor penting yang dapat dihubungi jika keadaan darurat.

"Sebagai pengelola Bandar Udara, PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Sam Ratulangi Manado berkomitmen untuk meningkatkan dan mempertahankan kualitas layanannya terlebih Sulut adalah salah satu destinasi tersibuk ketika libur Natal dan Tahun Baru. Sehingga kami akan meningkatkan pengawasan keamanan, keselamatan, dan memastikan kenyamanan agar pengguna jasa yang berlibur atau "mudik" ke Sulut bisa tetap menikmati perjalanannya dengan nyaman dan aman," ujarnya. ***1***

(T.KR-NCY/B/F003/F003) 18-12-2016 18:57:16

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024