Manado, 5/12 (Antara) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII Manado, memperingati Hari Armada RI tahun 2016 , secara sederhana dalam suatu upacara.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi dalam sambutan dibacakan Komandan Lantamal Manado Laksamana Pertama TNI Suselo mengatakan, upacara memperingati Hari Armada bukan merupakan sebuah kegiatan seremonial.

"Tetapi momen yang mengingatkan kita tentang sejarah berdirinya Armada RI dan lengabdian yang telah ditunaikan," katanya, di Manado, Senin.

Ia mengatakan berdasarkan sejarah, Armada RI adalah alat bagi sebuah negara dalam menyebarkan pengaruh dan melindungi kepentingan nasionalnya.

Sampai saat ini, Armada RI tetap menjadi sarana utama pencapaian tugas dan peran universal TNI Angkatan Laut.

Melihat konstelasi geografis Indonesia, TNI AL telah menetapkan dua Komando Armada RI Kawasan sebagai Komando Utama (Kotama) Operasi.

Selaku Kotama Operasi, Komando Armada RI bertugas menyelanggarakan Operasi Intelijen Maritim dan Operasi Laut dalam rangka perang dan selain perang di wilayahnya sesuai dengan kebijakan Panglima TNI.

Acara peringatan Hari Armada RI tahun 2016 tersebut dilanjutkan dengan syukuran dan dirangkai dengan syukuran HUT ke-45 Korpri. ***2***

(T.J009/C/H005/H005) 05-12-2016 20:00:36

Pewarta : Jorie M R Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024