Manado, (Antara)- Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey membangkitkan lagi semangat olahraga di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Pemerintah Provinsi Sulut akan menggelar Pekan Olahraga (POR) Pempov yang akan diselenggarakan setiap tahunnya menggantikan Pekan Olahraga daerah (Porda) yang sudah tidak aktif sejak tahun 2001," kata Gubernur Sulut yang diwakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulut Mecky Onibala di Manado, Rabu.

Dia mengatakan kegiatan ini merupakan ide cemerlang Gubernur Sulut dalam membangun kembali keterpurukan olahraga di daerah.

Ia mengatakan, upaya tersebut dalam rangka mencari bibit-bibit olahragawan baru yang berprestasi dari setiap kabupaten dan kota se-Sulut.

Menurut Onibala, rencana ini guna mendeteksi secara cepat atlet berprestasi dari tingkat kabupaten ke provinsi dan direncanakan dapat mendulang emas pada Pekan Olahraga Nasional di Papua tahun 2020 mendatang.

Ia juga mengatakan, pemerintah Sulut memberikan kepedulian bagi para atlit berprestas saat ini, karena banyaknya atlit nasional asal Sulut yang eksodus ke daerah lain dengan alasan kesejahteraan.

Dalam dialog tersebut juga, Ketua Bina Prestasi Koni Sulut DR Joy Rattu mengatakan, pihaknya sudah melakukan konsolidasi dengan Koni di Kabupaten Kota se-Sulut dalam rencana kegiatan POR Pemprov.

"Dalam kegiatan tersebut tidak semua cabang olahraga dipertandingkan, tetapi bidang olahraga yang benar-benar dapat memberikan prestasi sampai di tingkat internasional," ungkapnya.

Karena itu, kata Rattu, penyeleksian atlit berdasarkan ketentuan yang berlaku dan anggaran yang tersedia, sehingga atlit yang berprestasi dapat dibina yang benar-benar berasal dari daerah Sulut.

"Untuk apa dana besar untuk 30 cabang bidang olahraga tetapi tidak menghasilkan, tetapiu difokuskan pada bidang olah raga yang benar-benar dapat menelorkan atlit baru bagi Sulut,"demikian Rattu.

Hadir dalam kesempatan itu pemerhati olahraga Sulut, Jhon Rondonuwu, Pemred Tribun Manado Ribut Ribut Raharjo, Kepala LKBN Antara Biro Sulut Guido Merung dan sejumlah pengamat olahraga Sulut.

Dalam dialog interaktif mengembalikan kejayaan olahraga Sulut yang dikemas RRI bekerjasama dengan Harian Tribun Sulut dan LKBN Antara Biro Manado.***4***



(T.KR-FML/B/G004/G004) 30-11-2016 22:30:14

Pewarta : Marlita Korua
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024