Manado, 25/11 (Antara) - Bandara Sam Ratulangi Manado, Provinsi Sulawesi Utara, secara rutin melakukan pemeriksaan kesehatan kepada karyawan untuk meningkatkan produktivitas.

"Sebanyak 140 orang pegawai PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado berbondong-bondong mendatangi ruang serba guna Manguni untuk pemeriksaan rutin kesehatanya," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado Nugroho Jati di Manado, Jumat.

Kegiatan itu menjadi rutinitas tahunan sebagaimana Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor:Per.02/Men/1980 Pasal 3 ayat (2) yang mewajibkan perusahaan untuk memeriksakan kesehatan pegawainya dan dalam satu tahun dilakukan pemeriksaan satu kali yang disebut pemeriksaan berkala. Angkasa Pura menggandeng Laboratorium Klinik Prodia untuk pemeriksaan itu.

Pemeriksaan kesehatan pegawai meliputi pemeriksaan darah, rontgen, fisik, dan pap smear.

"Dengan `medical check up` ini kita bisa mengetahui catatan medis pegawai guna mengetahui risiko yang mungkin timbul akibat pekerjaan dan dari lingkungan kerja sehingga dapat diminimalkan risiko tersebut," katanya.

Ia mengatakan dengan tubuh yang sehat tentu kinerja pegawai akan lebih optimal sehingga produktivitas juga lebih baik.

Pentingnya pemeriksaan kesehatan merupakan salah satu bentuk investasi jangka panjang bagi perusahaan dalam menghemat biaya perusahaan sehingga dengan mengetahui lebih dini penyakit pegawai, secepat mungkin penyakit tersebut dapat diatasi.

"Dengan demikian seluruh pegawai dapat mengetahui kondisi kesehatannya serta mampu mengantisipasi risiko yang bisa menimbulkan atau gangguan kesehatan dalam lingkungan kerja," katanya. ***4***

(T.KR-NCY/B/M029/M029) 25-11-2016 12:54:24

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor :
Copyright © ANTARA 2024