Manado, 25/10 (Antara) - Kodim 1303 Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar Samapta periodik II tahun 2016 untuk mengukur kemampuan fisik dari personel, guna kesiapan melaksanakan tugas pokok.

Kasdim Bolmong Mayor Inf Suwarno melalui telepon, Selasa, mengatakan kegiatan Samapta merupakan program dari Komando atas yang bertujuan untuk mengukur tingkat kemampuan kebugaran prajurit.

"Terdapat sejumlah materi yang diikuti personel pada kegiatan ini," kata Suwarno.

Ia mengatakan materi yang diujikan antara lain tes kesegaran A dengan lari jarak 3.200 meter dan kesegaran B meliputi "pull up", "sit up", "push up" dan "shutell run ".

Dari hasil keseluruhan tes kesehatan jasmani A+B ini dibagi dua sehingga akan mendapatkan nilai akhir.

"Nilai akhir itu nantinya yang digunakan sebagai dasar penilaian Samapta periodik. Pada uji ini, anggota harus mendapat nilai diatas 65 sebagai nilai lulus uji Samapta," katanya.

Pelaksanaan uji Samapta tersebut diawasi Tim Pengawas Jasrem 131 Santiago.

Sebelum pelaksanaan kebugaran jasmani dilaksanakan, para personel terlebih dahulu melakukan pemeriksaan tekanan darah oleh Tim Kesehatan dari Kesdim 1303 Bolmong.

Jika dalam pemeriksaan itu dinyatakan memenuhi syarat, personel dapat mengikuti kebugaran jasamani untuk tes uji Samapta.***2***





(T.J009/B/G004/G004) 25-10-2016 22:46:10

Pewarta : Jorie M R Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024