Manado, (AntaraSulut) - Denmark menjajaki kerja sama di berbagai bidang dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara usai pertemuan dengan Duta Besar Denmark untuk Indonesia Casper Klynge, di Manado, Senin.

"Duta besar didampingi Head of Development Jacon Stensdal Hansel membicarakan berbagai hal yang bisa dikerjasamakan dengan pemerintah daerah," kata Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Menurutnya, bidang yang bisa dikembangkan yaitu pengembangan KEK Bitung, pengembangan infrastruktur khususnya kepelabuhan, konektivitas maritim, industri pariwisata dan penanggulangan limbah kelautan dan prioritas lainnya.

"Pengembangan pembangunan ini dapat didukung pemerintah serta sektor swasta Denmark," ujar Klynge.

Gubernur menyambut baik kunjungan Dubes Denmark untuk Indonesia itu, karena memiliki keinginan untuk membangun kerja sama dengan Pemprov Sulut.

"Mereka sangat berkeinginan mengelola sampah menjadi sumber energi baru terbarukan. Mereka memiliki teknologinya," kata Gubernur itu pula.

Saat ini, kata mantan Ketua Komisi XI DPR RI itu menambahkan, pemerintah daerah menggenjot pembangunan melalui sektor pariwisata.

Saat ini, kata dia, pemerintah provinsi telah membuka penerbangan langsung ke Kota Manado dari sejumlah kota di China.

"Dampaknya cukup terasa, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Sulut sejak Juli telah mencapai 34 ribu orang. Kedatangan mereka memberikan dampak besar menggerakkan ekonomi masyarakat dan pertumbuhan ekonomi Sulut," katanya pula.***4***



Budisantoso Budiman



(T.K011/B/B014/B014) 24-10-2016 22:16:11

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024